Analisis Manajemen Operasional, Hubungan Pelanggan dan Pemasaran Digital pada PT Astra Honda Motor
Sari
PT Astra Honda Motor menjadi salah satu perusahaan manufakturing dan distribusi sepeda motor di Indonesia. Dalam operasionalnya, perusahaan ini berinovasi dengan meningkatkan layanannya pada jaringan penjualan honda dan beraktivitas serta berkomunikasi dengan masyarakat melewati berbagai platform. Pada awal masa terjadinya pandemi Covid-19, membuat banyak pabrikan otomotif kendaraan beroda dua maupun roda empat berhenti dalam berproduksi sementara. Penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami praktik manajemen operasional PT Astra Honda Motor dalam kaitannya dengan digital marketing dan customer relationship management sebelum, selama, dan setelah pandemi. Ini juga meneliti bagaimana praktik-praktik ini telah membantu perusahaan bertahan dari pandemi. Subjek studi PT Astra Honda Motor dan metodologinya kualitatif yang melibatkan analisis data yang didasarkan pada teori manajemen operasional yang terkait dengan manajemen hubungan pelanggan dan pemasaran digital. Hasil dari analisis menyatakan bahwa PT Astra Honda Motor terus melakukan penyesuaian dan perencanaan ulang pada kebijakan manajemen operasional, pemasaran digital, dan manajemen hubungan pelanggan untuk menyesuaikan kondisi pasar dan ekonomi agar dapat bertahan di masa pandemi Covid-19.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdi, H. (2022). PT Astra Honda Motor, Sejarah, Perkembangan, dan Produk Beserta Harganya. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/5146881/pt-astra-honda-motor-sejarah-perkembangan-dan-produk-beserta-harganya
Apresiasi Konsumen Loyal Sepeda Motor Honda di Hari Pelanggan Nasional. (2022, October 6). Www.Astra-Honda.Com. https://www.astra-honda.com/article/apresiasi-konsumen-loyal-sepeda-motor-honda-di-hari-pelanggan-nasional
Astra Honda Motor. (n.d.). Www.Astra-Honda.Com.
Astra Honda Motor. (2020). https://www.astra-honda.com/corporate
Aszhari, A. (2020, April 3). Strategi AHM Agar Produksi Motor Tetap Berjalan Saat Pandemi Corona Covid-19. Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/otomotif/read/4218787/strategi-ahm-agar-produksi-motor-tetap-berjalan-saat-pandemi-corona-covid-19
Desiana, N. I., & Akbar, M. (2018). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SERVICE CENTER ASTRA MOTOR MAKASSAR DALAM MENUMBUHKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Customer Relationship Management Service Center Astra Motor Makassar In Growing Customer Satisfaction And Loyalty. In Jurnal Komunikasi KAREBA (Vol. 7, Issue 2).
Fawaid. (2017). Pengertian digital marketing. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181. Retrieved from https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385
Febrian, R. (2020, June). Dampak COVID-19, AHM: Penjualan Motor Tahun Ini Turun Sampai 45%. https://www.zigwheels.co.id/motovaganza/dampak-covid-19-ahm-penjualan-motor-tahun-ini-turun-sampai-45/?amp=1
Jaga Kualitas Layanan, Teknisi Honda Ikuti Uji Kompetensi. (2023). Astra-Honda.Com. https://www.astra-honda.com/article/jaga-kualitas-layanan-teknisi-honda-ikuti-uji-kompetensi
Kurniawan, D., & Priyanto, W. (2022). Astra Honda Klaim Krisis Semikonduktor Teratasi, Distribusi Unit Meningkat. Tempo.Co. https://otomotif.tempo.co/read/1638694/astra-honda-klaim-krisis-semikonduktor-teratasi-distribusi-unit-meningkat
Lestari, D. P., Gustini, & Charolina, O. (2022). Analisis Strategi Promosi pada PT. Astra Honda Motor. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 1(1), 11–17.
Liputan6.com. (2020, May 29). Strategi Astra Honda Motor Menyambut Masa New Normal - Otomotif Liputan6.com. https://www.liputan6.com/amp/4265970/strategi-astra-honda-motor-menyambut-masa-new-normal
Lumowa, F. (2019, July 12). Bengkel AHASS Kembali Raih Service Quality Award, Beri Layanan Terbaik - Tribunmanado.co.id. https://manado.tribunnews.com/2019/07/12/beri-layanan-terbaik-bengkel-ahass-kembali-raih-service-quality-award
Pahlevi, T. (2022, October 31). Digelar 2 November, Ini Bocoran Motor yang Bakal Hadir di IMOS 2022. https://otorider.com/berita/2022/digelar-2-november-ini-bocoran-motor-yang-bakal-hadir-di-imos-2022-digcfdgc022
Pasaribu, B. (2022a, September). Training AHASS Leader Cara Honda Jaga Kualitas Layanan Terbaik - Medan Metro - MedanBisnisDaily.com. https://medanbisnisdaily.com/news/online/read/2022/09/20/161269/training_ahass_leader_cara_honda_jaga_kualitas_layanan_terbaik/
Pasaribu, B. (2022b, October 31). 16 Pebalap Belia Dilatih Astra Honda Racing School - Olahraga - MedanBisnisDaily.com. https://medanbisnisdaily.com/news/online/read/2022/10/31/162865/16_pebalap_belia_dilatih_astra_honda_racing_school/
Ria, A. (2020). Proses sistem administrasi operasional gudang di PT Astra Honda Motor. http://repository.stei.ac.id/850/
Rilis. (2022). Honda Care layanan servis sepeda motor Honda dari rumah. Kalbar.Antaranews.Com. https://kalbar.antaranews.com/berita/532966/honda-care-layanan-servis-sepeda-motor-honda-dari-rumah
Sofiana, M. (2019). Prosedur Production Control Pada Pt Astra Honda Motor Jakarta. JURNAL ABIWARA, 8(1), 8–17. http://ojs.stiami.ac.id
Sumawidjaja, R. Nur. (2017). Strategi PT. Astra Honda Motor Dalam Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Secara Berkelanjutan. Jurnal Indonesia Membangun, 16(2), 14–25. https://doi.org/1412-6907
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.4599
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional