PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA

Rachmades Ali, Andi Rasyid Pananrangi, Syahruddin Syahruddin

Sari


Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi guru. (2) Menganalis pengaruh penghargaan terhadap motivasi guru. (3) Menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja guru (4) Menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. (5) Menganalisis penghargaan terhadap kinerja guru. (6) Menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi. (7) Menganalisis pengaruh penghargaan terhadap kinerja guru melalui motivasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan pendekatan cross sectiona study untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, dan penghargaan terhadap kinerja guru melalui motivasi pada Sekolah dasar di kecamatan Barombong kabupaten Gowa. Penelitian ini dilakukan selama ± 2 bulan dari tanggal 06 Maret – 06 Mei 2019 dan didapatkan sampel sebanyak 91 orang yang memenuhi kriteria yang inklusi. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh responden, setelah data dikumpulkan, maka data-data tersebut diolah, mulai dari editing, koding dan tabulasi. Data di analisa dengan menggunakan program SPSS 24.

 

Hasil Uji hipotesis kepemimpinan kepala sekolah (X1), terhadap motivasi (Y1) diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y1 sebesar 0,004 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa X1 secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y1. Penghargaan (X2), terhadap motivasi (Y1) diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y1 sebesar 0,048 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa X2 secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y1. Motivasi (Y1), terhadap kinerja guru (Y2) diperoleh nilai signifikansi Y1 terhadap Y2 sebesar 0,006 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Y1 secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y2. Kepemimpinan kepala sekolah (X1), terhadap kinerja guru (Y2) diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y2 sebesar 0,979 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa X1 secara langsung tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y2. Penghargaan (X2), terhadap kinerja guru (Y2) diperoleh nilai signifikansi X2 terhadap Y2 sebesar 0,036 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa X2 secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y2. Sedangkan kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y2) melalui motivasi (Y1) didapatkan nilai t-hitung 1,991048 lebih besar dari nilai t-tabel 1,98761 maka dapat disimpulkan bahwa (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap (Y2) melalui (Y1). Penghargaan (X2) kinerja guru (Y2) melalui motivasi (Y1) didapatkan nilai t-hitung 1,56564 lebih kecil dari t-tabel 1,98761 maka disimpulkan (X2) berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap (Y2) melalui (Y1).

 

 Kata kunci : Kepemimpinan, penghargaan, motivasi, kinerja .

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Davis, Keith dan John W. Newstrom, 1985. Perilaku Dalam Organisasi. Erlangga, Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Drucker, Peter.F, 2006. Mnajemen: Tugas, Tanggung Jawab dan Praktek. PT Gramedia, Jakarta.

Ghozali, Imam., 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit UNDIP. Semarang.

Hasibuan, Malayu S.P., 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan keenam belas. Bumi Aksara. Jakarta.

Hasibuan, Malayu: Mana,jemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Bumi Aksara, 2003. Jakarta

Husdarta, J.S., Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan No. 3/XXVI/2007.hlm. 12-25.

Maslow, Abraham H. 2006. On Dominace, Self Esteen and Self Actualiazation, (Terjemahan), Ann Kaplan: Maurice Basset Publishng.

Mulyasa. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010. Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. Cemerlang. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Kepala Sekolah.

Rivai dan Basri. 2005. Performance Appraisal:Sistem yang Tepat untuk menilai Kinerja Karyawan dan meningkatkan Daya saing Perusahaan. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Rivai, Veithzal. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2012. Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Buku 1. Edisi kedua belas. Alih Bahasa: Diana Angelica, Ria Cahyani, dan Abdul Rosyid. Salemba Empat. Jakarta.

Sadiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. CV Rajawali. Jakarta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Saydam, Gouzali. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia: suatu Pendekatan Mikro. Djambatan. Jakarta.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju. Bandung.

Siagian, Sondang P. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung.

Sujak. 1990. Kepemimpinan Manager (Eksistensi dalam perilaku Organisasi). PT. Gramedia. Jakarta

Supardi. 2014. Kinerja guru: PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional, Ghalia Indonesia , 2004. Jakarta.

Undang-Undang No 14 Tahun 2005. Undang-undang tentang Guru dan Dosen. Ghalia Indonesia, 2005. Jakarta.

Uno, H.B. 2014. Teori motivasi & pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H.B., & Lamatenggo, N. 2007. Teori kinerja dan pengukurannya.Bumi Aksara. Jakarta.

Winardi, J. 2011. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.


Article Metrics

Sari view : 13 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter