Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Persepsi Harga, Kebutuhan Mencari Variasi Dan Word Of Mouth Terhadap Perpindahan Merek Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Semarang
Sari
Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh ketidakpuasan konsumen, persepsi harga, kebutuhan mencari variasi, dan word of mouth terhadap perpindahan merek Yamaha Mio di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan produk Yamaha Mio di Kota Semarang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan siginifikan terhadap perpindahan merek, persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek, kebutuhan mencari variasi tidak berpengaruh terhadap perpindahan merek, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek.
Kata Kunci: Ketidakpuasan Konsumen, Persepsi Harga, Kebutuhan Mencari Variasi, Word Of Mouth, dan Perpindahan Merek.
Abstract
The purpose of this study wasto analyze the effect of’consumer dissatisfaction, priceperceptions, variation seekingbehavior, and word of mouth on brand swithing of the Yamaha Mio brand in Semarang City. The populationcin this study wereconsumerswho had used Yamaha Mio products in the cityof Semarang. The analytical tool used is multiple linear regression. The results of the study can be found that : consumers dissatisfaction have a positive and significant effect on brand switching, price perception have no significant effect on brand switching, variation seeking have no effect on brand switching, word of mouth has a positive and significant effect on brand switching.
Keywords: Dissatisfaction Consumer, Price Perceptions, Variation Seeking Behavior, Word Of Mouth, Brand Switching.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andriani, Eka Rafita dan Untarini. 2015. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Mobile Broadband Smartfren. Universitas Negeri Surabaya Vol 1 No.1 2015.
Dharmmesta, dan Shellyana. 2013. Perilaku Beralih Merek Konsumen Dalam Pembelian Produk Otomotif.
Kotler, dan Keller. 2011. Manajemen Pemasaran Edisi 11. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, dan Amstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.
Nilasari, D.R, dan Yoestini. 2011. Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Harga, dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Sabun Lifebuoy di Semarang. Diponegoro Journal Of Management Volume 1, Nomer 1.
Peter, J. Paul dan Olson, C Jerry. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 9. Jakarta: SalembaEmpat.
Wibisana, Yogi dan Sri Rahayu T.A. 2016. Analisis Pengaruh Atribut Produk, Kebutuhan Mencari Variasi, dan Word of Mouth Terhadap Perilaku Keputusan Perpindahan Merek Laptop Hewlette-Packard (HP) ke Asus. Diponegoro Journal of Management, vol.5, no.3, pp. 558-600, sep. 1016
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.4954
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional