Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Kebijakan Dividen bagi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Kosmetik dan Rumah Tangga Teregistrasi ISSI Periode 2020-2022

Jihan Nur Faidah

Sari


Penelitian ini guna menjalankan pengujian pengaruh profitabilitas, struktur modal, serta kebijakan dividen bagi nilai perusahaan di perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik serta rumah tangga teregistrasi ISSI periode 2020-2022. Metode kajian kuantitatif. Populasi yakni seluruh perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik serta rumah tangga, sejumlah 10 perusahaan. Sampel dipilih 8 perusahaan yang ditetapkan dengan Teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih dengan kriteria (1) terdaftar di ISSI periode 2020-2022; (2) mempunyai laporan keuangan tahunan sesuai yang dibutuhkan. Data kajian yakni data sekunder berupa laporan keuangan tahunan bersumber dari website resmi ISSI. Analisa data dengan asumsi klasik, uji regresi berganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi. Hasil kajian didapat (1) profitabilitas memberi pengaruh positif signifikan bagi nilai perusahaan; (2) struktur modal memberi pengaruh positif signifikan bagi nilai perusahaan; (3) kebijakan dividen memberi pengaruh positif signifikan bagi nilai perusahaan; (4) profitabilitas, struktur modal, kebijakan dividen memberi pengaruh positif signifikan bagi nilai perusahaan.

 

Kata Kunci: Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z., Yusniar, M. W., & Ziyad, M. (2015). PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Properti Di Bursa Efek Indonesia). JWM (JURNAL WAWASAN MANAJEMEN) , 3(1), 91–102. https://doi.org/10.20527/JWM.V3I1.159

Anisa, N., Hermuningsih, S., & Maulida, A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Kebijakan Dividen dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(2), 321–335. https://doi.org/10.47467/RESLAJ.V4I2.707

Arianti, B. F., & Yatiningrum, R. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Gorontalo Accounting Journal, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.32662/GAJ.V5I1.1845

Fahriyal Aldi, M., Erlina Erlina, & Amalia, K. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap NILAI Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Periode 2007-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), 264–276. https://doi.org/10.22437/JSSH.V4I1.9921

Fauzia, Nurhayati, N., Pratiwi, S., & Djuanda, G. (2023). REAKSI PASAR MODAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI (SUB SEKTOR FARMASI, SUB SEKTOR ROKOK, DAN SUB SEKTOR KOSMETIK DAN BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA). Penerbit Tahta Media. https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/32

Jufrizen, J., & Fatin, I. N. Al. (2020). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Return On Assets Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 183–195. https://doi.org/10.30601/HUMANIORA.V4I1.677

Kadim, A., Sunardi, N., & Husain, T. (2020). The modeling firm’s value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy. Accounting, 6(5), 859–870. https://doi.org/10.5267/J.AC.2020.5.008

Kusumawati, R., & Rosady, I. (2018). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 147–160. https://doi.org/10.18196/MB.9259

Muharramah, R., & Hakim, M. Z. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 0(0), 569–576. https://doi.org/10.32528/PSNEB.V0I0.5210

Ngurah, G., Gunadi, B., Gede, I., Putra, C., Ayu, I., & Yuliastuti, N. (2020). The Effects of Profitabilitas and Activity Ratio Toward Firms Value With Stock Price as Intervening Variables. International Journal of Accounting & Finance in Asia Pasific (IJAFAP), 3(1), 56–65. https://doi.org/10.32535/IJAFAP.V3I1.736

Nuswandari, C., Sunarto, S., Jannah, A., & Ikromudin, I. (2019). Corporate Social Responsibility Moderated the Effect of Liquidity and Profitability on the Firm Value. 87–90. https://doi.org/10.2991/ICOBAME-18.2019.19

Oktaviani, R. F., & Mulya, A. A. (2018). PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI MODERASI. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(2), 139–150. https://doi.org/10.36080/JAK.V7I2.768

Pamungkas, V. S., & Suwitho, S. (2017). PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(12). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/684

Riki, M., Tubastuvi, N., Darmawan, A., & Yustina Rahmawati, I. (2022). Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Moderasi. Jurnal Akademi Akuntansi, 5(1), 62–75. https://doi.org/10.22219/JAA.V5I1.19409

Saleh, M. (2020). PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS, DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Jasa Sektor Keuangan Sub-Sektor Asuransi Periode 2014 – 2018). MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW, 2(1), 1–14. https://journal.unifa.ac.id/index.php/manor/article/view/174

Salsabilla, S., & Rahmawati, M. I. (2021). PENGARUH PROFITABILITAS, GROWTH OPPORTUNITY, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(1). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/3716

Sihombing, R. S., & Indriaty, L. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2019. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 1(1). https://doi.org/10.26486/JPSB.V5I1.324

Sondakh, R. (2019). THE EFFECT OF DIVIDEND POLICY, LIQUIDITY, PROFITABILITY AND FIRM SIZE ON FIRM VALUE IN FINANCIAL SERVICE SECTOR INDUSTRIES LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE 2015-2018 PERIOD. ACCOUNTABILITY, 8(2), 91–101. https://doi.org/10.32400/JA.24760.8.2.2019.91-101

Sucuahi, W., & Cambarihan, J. M. (2016). Influence of Profitability to the Firm Value of Diversified Companies in the Philippines. Accounting and Finance Research, 5(2). https://doi.org/10.5430/afr.v5n2p149

Zuhroh, I. (2019). The Effects of Liquidity, Firm Size, and Profitability on the Firm Value with Mediating Leverage. KnE Social Sciences, 3(13), 203. https://doi.org/10.18502/KSS.V3I13.4206




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.5022

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter