Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat terhadap keputusan pembelian Yamaha MX King 150. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pengguna sepeda motor Yamaha MX KING 150, sedangkan pengambilan sampel yang dilakukan adalah menggunakan formulasi slovin, sghingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 85 orang pelanggan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari kuesioner yang di isi oleh para responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha MX KING 150. Sedangkan variabel tempat tidak tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor Yamaha MX KING 150. Dari seluruh variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) yang didapat setelah pengujian, variabel promosi yang mempunyai pengaruh paling dominan dan signifikan dalam keputusan pembelian sepeda motor Yamaha MX KING 150.
Kata Kunci: bauran pemasaran; produk; harga; tempat; promosi; keputusan pembelian; motor.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3146
Arjuna, H., & Ilmi, S. (2020). Effect of brand image, price, and quality of product on the smartphone purchase decision. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 294–305. https://doi.org/10.14421/EkBis.2019.3.2.1190
Armalinda, C. (2016). Pengaruh produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Lulu Mart di Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/06/
Assael, H. (2015). Consumer behavior a strategic approach. Dreamtech Press.
Azmi, M. F., & Suharyono, S. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian (Survei pada mahasiswa yang menggunakan Notebook Asus di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1). http://repository.ub.ac.id/117908/
Dewi, O. I. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen Chang Tea di Surabaya. Agora, 6(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7775
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian produk Sanitary Ware Toto di Kota Denpasar. Udayana University. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/35419/21667
Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2015). Pengaruh strategi marketing mix (produk, harga, promosi dan distribusi) terhadap keputusan pembelian konsumen batik di Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 12(02). http://dx.doi.org/10.30651/blc.v12i02.1630
Fure, F., Lapian, J., & Taroreh, R. (2015). Pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Jco Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1). https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7116
Hanifaradiz, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sabun mandi lifebuoy di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/734/743
Hapsoro, B. B., & Hafidh, W. A. (2018). The influence of product quality, brand image on purchasing decisions through brand trust as mediating variable. Management Analysis Journal, 7(4), 528–539. https://doi.org/10.15294/maj.v7i4.30407
Hermawan, H. (2015). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan, kepuasan dan loyalitas konsumen dalam pembelian roti ceria di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.32528/jmbi.v1i2.21
Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 9(2). http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/54
Irawan, D. T. B., & Satrio, B. (2015). Pengaruh produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil avanza. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(9). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3260
Karim, D., Sepang, J. L., & Lumanauw, B. (2019). Marketing mix pengaruhnya terhadap volume penjualan pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1). https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.4006
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.
Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Marketing management 15th global edition (global). Harlow: Pearson Education Limited.
Kurniawan, A. D., & Astuti, S. R. T. (2016). Analisis pengaruh produk, promosi, harga dan tempat terhadap keputusan pembelian (studi pada kedai Amarta Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(4), 282–289. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/820
Lannon, J. (2006). What is postmodernism and what does it have to do with brands? Journal of Brand Management, 4, 83–94. https://doi.org/10.1057/bm.1996.31
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2013). Service marketing management. Jakarta: Salemba Empat.
Mandey, J. B. (2018). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2577
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90.
Mukarromah, S. (2018). Implementasi strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan toko Baju Senam Grosir. com. Universitas Muhammadiyah Surabaya. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3578
Nurcahyo, F., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan pada restoran McDonald’s Delta Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(4). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/621/632
Oentoro, D. (2012). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Philip, K., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi 14, global edition. Pearson Prentice Hall.
Purba, N. A., & Saryadi, S. (2016). Pengaruh bauran pemasaran (kualitas produk, harga, promosi dan saluran distribusi) terhadap keputusan pembelian Yamaha NMAX di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 110–118. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/11292
Rahayu, S., & Haryanto, J. (2017). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada majalah media asuransi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(1), 64–76. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1051500&val=15747&title
Setiawan, W. (2019). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza tipe G di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–8. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1799
Sipayung, M. L., & Sinaga, A. H. (2017). Marketing mix effect and quality product purchase decision on Rice Pandaraman in South Tapanuli Region. IOSR Journal of Business and Management, 19(3), 85–89. https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1064.7013&rep=rep1&type=pdf
Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20935
Wibawa, K. A. A. A., Kirya, I. K., & Suwendra, I. W. (2016). Pengaruh kualitas produk, harga, iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6701
Widyastuti, A. N., Pujiharto, P., Tubastuvi, N., & Santoso, S. B. (2020). The effect of marketing mix on purchase decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 163–176. https://doi.org/10.18196/mb.11295
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.5025
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional