Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Pajero
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian Mobil Mitsubishi Pajero di Kota Jayapura. Studi ini melibatkan sampel sebanyak 86 orang pelanggan yang telah membeli Mobil Mitsubishi Pajero. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari kuesioner yang di isi oleh para responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, distribusi, dan promosi dalam bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mobil Mitsubishi Pajero. Dari seluruh variabel bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) yang didapat setelah pengujian, variabel harga yang mempunyai pengaruh paling dominan dan signifikan dalam keputusan pembelian Mobil Mitsubishi Pajero.
Kata Kunci: bauran pemasaran; produk; harga; distribusi; promosi; keputusan pembelian; mobil.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abbas, M. (2023). Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/87
Aransyah, M. F., Althalets, F., Wediawati, T., & Sari, A. (2020). The impact of promotion on room occupancy rate in Mesra Business and Resort Hotel Samarinda. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 4(2), 150–157. https://dx.doi.org/10.31940/ijaste.v4i2.1907
Arjuna, H., & Ilmi, S. (2019). Effect of brand image, price, and quality of product on the smartphone purchase decision. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 294–305. https://doi.org/10.14421/EkBis.2019.3.2.1190
Armalinda, C. (2016). Pengaruh produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Lulu Mart di Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/06/
Azhari, A., & Utari, N. (2023). Banking Customer Loyalty: Unveiling the Role of Customer Relationship Marketing and Customer Value. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/94
Bakri, M. (2023). The Influence of Brand Image and Price on Toyota Avanza Car Purchasing Decision. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/79
Chandra, G., & Tjiptono, F. (2016). Service, quality dan satisfaction. Edisi Keempat, Yogyakarta: CV Andi Offset.
Dewi, O. I. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen chang tea di Surabaya. Agora, 6(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7775
Dewi, R. (2023). Analysis of the Marketing Strategy of Sharia Insurance Services in Increasing Customer Loyalty. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(1), 48-59.
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian produk sanitary ware toto di Kota Denpasar. Udayana University. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/35419/21667
Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2015). Pengaruh strategi marketing mix (produk, harga, promosi dan distribusi) terhadap keputusan pembelian konsumen batik di Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 12(02). http://dx.doi.org/10.30651/blc.v12i02.1630
Hanifaradiz, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sabun mandi lifebuoy di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/734/743
Haris, A. (2023). Implications of Service and Product Attributes on Customer Loyalty. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2).
Haris, A. (2023). The Effect of Service Quality and Product Attributes on Customer Loyalty. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(1), 25-35.
Hasan, A. (2023). The Effect of Marketing Mix Strategy on Increasing Sales Volume of Silk Cloth. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(1), 36-47.
Hasan, A. (2023). The Influence of Brand and Country of Origin on Mobile Phone Purchasing Decisions. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/78
Hermawan, H. (2015). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan, kepuasan dan loyalitas konsumen dalam pembelian roti ceria di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.32528/jmbi.v1i2.21
Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 9(2). http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/54
Imron, M. F., & Widaningsih, S. (2020). Pengaruh citra merek dan harga terhadap minat beli Mobil Daihatsu New Ayla (studi kasus terhadap konsumen di Kota Bandung pada Tahun 2019). EProceedings of Applied Science, 6(1). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/11503
Irawan, D. T. B., & Satrio, B. (2015). Pengaruh produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil avanza. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(9). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3260
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Marketing management 15th global edition (global). Harlow: Pearson Education Limited.
Latief, F. (2023). Improving Brand Image of Television Electronic Products Through Integrated Marketing Communications. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(1), 13-24.
Latief, F., & Murti, R. S. (2023). Factors Influencing Consumer Decisions to Purchase Hijab Products Online on Instagram Social Media. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). Retrieved from https://advancesinresearch.id/index.php/ABIM/article/view/90
Lin, L., & Chen, C. (2016). The influence of the country‐of‐origin image, product knowledge and product involvement on consumer purchase decisions: an empirical study of insurance and catering services in Taiwan. Journal of Consumer Marketing. https://doi.org/10.1108/07363760610681655
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Mandey, J. B. (2018). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian rokok surya promild. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2577
Massie, P. V. (2018). Ekuitas merek pengaruhnya terhadap keputusan pembelian XL Mobile Data Service di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2949
Muanas, A. (2015). Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Mobil Buana Indomobil Trada. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(12), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/11637
Mukarromah, S. (2018). Implementasi strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan toko baju senam grosir. Universitas Muhammadiyah Surabaya. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3578
Nurcahyo, F. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan pada Restoran Cepat Saji Mcdonald’s di Delta Plaza Surabaya. STIESIA Surabaya. http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3295
Oentoro, D. (2012). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Oetomo, H. W. (2017). Brand image as mediation effect of experiential marketing and differentiation product on the buying decision of Toyota Cars. International Journal of Business & Administrative Studies, 3(5). https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=24150541&AN=128114575&h=T%2BBlk96qWKjSB9qfg4fusQFe2JabWlPaABSuKtHMJQQyf1ItdMZ6BWyPBGNKrxAzlsd8B9jKQsPYmbOtm4fljg%3D%3D&crl=c
Philip, K., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi 14, global edition. Pearson Prentice Hall.
Pütter, M. (2017). The impact of social media on consumer buying intention. Marketing, 3(1), 7–13. https://econpapers.repec.org/article/mgsjibrme/v_3a3_3ay_3a2017_3ai_3a1_3ap_3a7-13.htm
Rahmah, K., Sumarwan, U., & Najib, M. (2018). The effect of brand equity, marketing mix, and lifestyle to purchase decision at Maxx Coffee, Bogor. Journal of Consumer Sciences, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.29244/jcs.3.2.01-15
Saladin, D. (2006). Manajemen pemasaran. Edisi Keempat, Bandung: Linda Karya.
Sarjono, B. (2016). Studi tentang penerapan strategi pemasaran dalam penjualan produk white board doble sid. Jurnal ORBITH, 7(3), 429–436. https://www.neliti.com/publications/207469/analisis-strategi-pemasaran-dalam-rangka-meningkatkan-volume-penjualan-pada-pt-i
Schwemmer, C., & Ziewiecki, S. (2018). Social media sellout: The increasing role of product promotion on YouTube. Social Media+ Society, 4(3), 2056305118786720. https://doi.org/10.1177%2F2056305118786720
Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i2.2819
Swastha, B., & Irawan, D. H. (2003). Manajemen pemasaran modern, edisi kedua. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa, edisi pertama, cetakan kesepuluh. Penerbit: Andi Yogyakarta.
Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20935
Widyastuti, A. N., Pujiharto, P., Tubastuvi, N., & Santoso, S. B. (2020). The effect of marketing mix on purchase decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 163–176. https://doi.org/10.18196/mb.11295
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.5052
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional