Peran Strategis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan Tinggi

Novita Dwi Maharani Sabban

Sari


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membawa kemajuan sangat pesat dalam manajemen pendidikan tinggi. Pendidikan merupakan sumber kemajuan bangsa yang sangat menentukan daya saing bangsa, dengan demikian, sektor pendidikan harus terus-menerus ditingkatkan mutunya. Fakta ini menunjukkan bahwa faktor kesenjangan pendidikan tinggi menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kesenjangan mutu pendidikan tinggi tersebut selain disebabkan karena faktor sarana dan prasarana yang belum memadai, sumberdaya manusia yang masih terbatas dan juga TIK dan manajemen pendidikan tinggi yang belum terpadu. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran, selain membantu mahasiswa dalam pembelajaran juga memiliki peran yang cukup berpengaruh bagi dosen, terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat). Peran strategis TIK dalam manajemen Pendidikan Tinggi dapat dilihat dari skill dan kompetensi dosen, infratruktur pembelajaran, sumber bahan belajar, alat bantu dan fasilitas pembelajaran, pendukung manajemen pembelajaran, dan sebagai sistem pendukung pengambilan keputusan serta meningkatkan kualitas dan produktivitas luaran pendidikan tinggi.

 

Kata-kata Kunci : Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan Tinggi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B. Uno, Hamzah.H.2010.Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Diat, Prasojo.2011. Lantif, Teknologi informasi Pendidikan, Gava Media, Yogyakarta, 2011 UNESCO. (2004). Schoolnettoolkit. Bangkok :UNESCO Asia and Pacific Regional

Bureau for education

Indrajit, Richardus Eko.2011. Peranan Teknologi Informasi dan Internet. Yogyakarta: Andi Offest

J. M. Asmani.2011. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press, 2011.

Malik, Abdul and Mesiono, Mesiono and Tarigan, Mardinal (2023) Inovasi pendidikan dalam upaya mewujudkan sekolah yang berkualitas di SMP Islam terpadu Nurul Azmi Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 3 (1). ISSN 2775-2380

Mesiono.2010. Manajemen dan Organisasi, Bandung : Citapustaka Media Perintis, 2010.

Rusman dkk, (2011), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

Robinson Situmorang, (2013), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi, Jakarta, Penerbit Kencana Prenada Media Grop.

Rosenberg, Marc J. 2001. e-Learning, Strategies For Delivering Knowledge in The Digital. New York : McGraw Hill

Toffler, Alvin. (2012). Literacy Information. London: Pan Books Ltd.

Zed. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Jakarta: Yayasan Obor Indonesia




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.5446

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter