Pengaruh Kualitas Produk Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Pada Produk Skincare Somethinc

Savrila Sekar Alifia Wibowo, Salim Siregar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang Pengaruh Kualitas Produk dan E-Word of Mouth terhadap Minat Beli pada Pengguna skin care Somethinc. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun Tiktok official somethinc dengan sampel sebanyak 384 responden. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis rentang skala dan regresi linier. Berdasarkan hasil dari penelitian ini didapatkan pengaruh parsial Kualitas Produk terhadap minat beli memiliki nilai sebesar 54,4% sedangkan pengaruh parsial E-Word of Mouth terhadap Minat Beli senilai 28%. Pengaruh simultan Kualitas Produk dan E-Word of Mouth terhadap Minat Beli memperoleh nilai sebesar 53,9% dan sisanya sebesar 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Kualitas Produk, E-Word of Mouth, dan Minat Beli


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ch Sarayar, M. L., Soepeno, D., Ch Raintung, M., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). PENGARUH E-WOM, HARGA DAN KUALITAS PRODUCT TERHADAP MINAT BELI “FOLCIS PUDDING” MANADO. In Jurnal EMBA (Vol. 294).

Gae Lomi, & Juita Bessie. (2016). PENGARUH eWOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI PADA TEBING BAR & CAFE) (Vol. 2, Issue 1).

Hasena, C., & Sakapurnama, E. (2021). Leveraging Electronic Word of Mouth on TikTok: Somethinc Skin Care Product Innovation to Increase Consumer Purchase Intention. Hasanuddin Economics and Business Review.

Ismagilova, Elvira et.al (2017). Electronic Word of Mouth (e-WOM) in Marketing Context. Switzerland: Spriger.

Kawalo, O., Wenas, R., Rogi, M., Ruthly Kawalo, O., Steven Wenas, R., Rogi, M. H., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI PADA ETSUKO KITCHEN MANADO). 10(4), 1340–1351.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Pearson Education Limited.

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

MUZDALIFAH, FIRDIANA. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK UMKM DI MALANG PADA SITUASI COVID 19 (Studi kasus pada konsumen UMKM Prabujaya Outfit di Kota Malang).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.5660

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter