Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Akademik peserta didik kelas X, SMA Negeri 1 Dimembe
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil prestasi akademik peserta didik, menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap hasil prestasi akademik, menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap hasil prestasi akademik peserta didik. Jenis penelitian dikategorikan dalam penelitian ex facto post facto yang merupakan penelitian dimana variabel bebas telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel terikat dalam suatu penelitian. Penelitian ex-post facto atau penelitian kausal komparatif berarti penelitian dimana peneliti berusaha menentukan penyebab atau alasan, untuk keberadaan perbedaan dalam perilaku atau status dalam kelompok individu. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Dimembe, di Jl. Airmadidi Laikit, Desa Dimembe, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Alasan memilih lokasi ini karena peneliti tertarik dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 1 Dimembe, kinerja guru, dan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Dimembe yang memiliki karakteristik tersendiri. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 di bulan Juli 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dimembe yang berjumlah 56 orang siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 56 peserta didik. Penelitian ini memberikan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi akademik peserta didik, selanjutnya terdapat pengaruh yang signifikan kinerja guru terhadap prestasi akademik peserta didik dan terakhir terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekola dan kinerja guru terhadap prestasi akademik peserta didik SMA Negeri 1 Dimembe.
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Prestasi Akademik, SMA Negeri 1 Dimembe
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung, I., Ulumudin, I., dan Sofyatiningrum, E. 2017. Kompetensi Guru Refleksi Kritis dan Pemikiran Alternatif. Jakarta: Pustaka edu.
Alwi, Syafaruddin. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia; Strategi Keunggulan. Kompetitif. Yogyakarta: BPFE.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2004. Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BaedHowi. 2006. Tantangan Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pendidik pada Era Undang-Undang Guru dan Dosen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 059, Maret 2006.
BSNP. 2008. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hardono, Haryono, dan Amin Yusuf. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Vol. 6 No. (1): 26-33.
Hasanah, Hosniatil; Liza Fadiyah, Titik Muzayyanah dkk. 2018. Analisis Hasil Belajar Dengan Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa STAI At-taqwa Bondowoso. Jurnal Islamic Akademika Vol. 5 No. 2: 29-39.
Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian. Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung .
Hersey, Paul dan Kenneth. H. Blanchard, 2003. Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Terjemahan Agus Dharma, Bandung: Alfa Beta.
Karwati, Euis dan Juni, Donni, Priansa, 2013. Kinerja Dan Profesionalisme Kepala Sekolah, Bandung : Alfabeta.
Komariah, Aan dan Triatna, Cepi. 2005. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Kholis, Nur, 2003. Manejemen berbasis sekolah, teori, model dan aplikasi. Jakarta: Grasindo.
Kompri. 2014. Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Kristiawan, Muhammad. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Kurniawati, Fajar. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah Baturan Tahun Ajaran 2015/2016. Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kuswana, Dadang. 2011. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Laksono, Ciputra Try. 2017. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Se Gugus Bima Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 6 No. 9.
Lestari, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Siswa. Satya Widya, 32(2), 127-132.
Listyasari, E. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 9-16.
Listyasari, Endah. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan. Volume I, Nomor 1.
Maimun, Agus dan Agus Zainul Fitri. 2010. Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN MALIKI PRESS.
Masunah, Aswandi, dan Syukri. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Mutu Lulusan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas. Jurnal Untan Pontianak.
Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang : UIN-Maliki Press.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasrun.2016. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 1 Nomor 2: 63-70.
Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang. Komptitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nuchiyah, Nunu.2005. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL Pendidikan Dasar. Volume V, Nomor 7.
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
___________________. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.
Safaria, Venny. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Produktivitas Sekolah Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 6 No. 5.
Sari, Rahman dan Rini. 2016. Pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Komite Terhadap Kinerja Guru Bandar Lampung. Jurnal FKIP Unila
Saroni, Muhammad. 2006. Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Sepriadi dan Ahmad. 2017. Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik Terhadap Kinerja Guru di SMK PGRI Tanjung Raja. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Volume 2, No. 1.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
_______. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: rajawali Press. Suparwoto. 2004. Kemampuan Dasar Mengajar. Yogyakarta: FIP UNY.
Supriadi, Dedi. 2001. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan cetakan ke-18. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Syamsul, Herawati, 2017. Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 2: 275-289.
Uno, Hamzah B dan Lamatenggo, Nina. 2014. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Akasara.
Wahab, Abdul Aziz, 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: CV Alfabeta, cet.1.
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahyudi, Bambang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Sulita.
Wahyudi, Imam, 2012. Mengejar Profesi Guru, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widarjono, Agus. 2010. Analisis Statistika Multivariat Terapan, Edisi pertama. Yogyakarta: UPP STIM.
Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.5753
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional