Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kualitas Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Informatika Di Smp N 6 Bitung

Manasye Shenio Willem,Tineke E.M. Sumual , Marthinus M Krowin, M, Jeffry Sony Junus Lengkong

Sari


Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengerahui (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika di SMP N 6 Bitung (2) pengaruh kualitas guru mengajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika di SMP N 6 Bitung (3) pengaruh fasilitas belajar dan kualitas guru mengajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika di SMP N 6 Bitung. Untuk penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuisioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP N 6 Bitung yang berjumlah 552 orang. Data penelitian dianalisis dengan analisis korelasi, regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualtias guru mengajar terhadap hasil belajar (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar dan kualitas guru mengajar terhadap hasil belajar. Oleh karena itu, semakin meningkat fasilitas belajar dan kualitas guru maka hasil belajar siswa mata pelajaran informatika semakin meningkat.

Kata Kunci : fasilitas belajar, kualitas guru mengajar, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ghozali, I. (2018), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS Edisi

Sembilan. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hamalik, O., (2011), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto, dan Lia Yuliana, (2008), Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

E. Mulyasa, (2004), Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosyada Karya.

Bahri, Djamarah, S, (2008), Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

B. Suryosubroto, (2004), Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, (2010), Belajar dan Mengajar, Bandung : CV. Yrama Widya.

Slamento, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Tu’u, T, (2004), Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa, Jakarta: Grasindo.

Ahmadi, H. A., & Supriyono, W, (2004), Psikologi belajar.

Susanto, Ahmad, (2013), Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dimyati & Mujiono, (2013), Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sulistyorini. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.5773

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter