PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDUK PADA PT TATA PUSAKA SENTOSA TEXTILE MILLS BANDUNG

ARIF YUSUF HAMALI, Nok Leni Anggriani

Sari


Penelitian ini dilakukan pada PT Tatapusaka Textile Mills Bandung, bertujuan untuk mengetahui korelasi promosi penjualan dan keputusan pembelian produk handuk, dan juga untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk handuk pada PT Tatapusaka Textile Mills Bandung. Responden pada penelitian ini sebanyak 34 yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif, yang menguji pengaruh variabel bebas dan variabel terikat menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment, dan juga dilakukan pengujian untuk menentukan akurasi pengukuran menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas dan reliabilitas variabel X dan Y adalah valid dan reliabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan berada dalm kategori baik, dan keputusan pembelian produk handuk berada dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan adanys pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk handuk pada PT Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung, dn berdasarkan interpretasi korelasi Pearson Product Moment, hubungan ini berada dalam kategori cukup kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti: terdapat pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk handuk pada PT Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung.

Kata Kunci: Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budihastuti, E.S., Hamali, A.Y., Wityasminingsih, E., dan Listianti, Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu IM3 Ooredoo (Studi Kasus Pada Siswa SMKN 1 Kota Bandung Sebagai Pengguna Kartu IM3 Ooredoo), Banking & Management Review, Vol. 8 No. 1, Hal: 1048-1065.

Chitra, D., dan Mahalakshmi, V. (2016). A Study On Sales Promotion Tools On Consumer’s Purchase Decision Towards Inverter Air Conditioner: An Empirical Study, International Journal of Social & Interdiciplinary Research, Vol. 5 No. 9, Hal: 1-9.

Chang, A.Y.P. (2017). A Study On The Effect of Sales Promotion On Consumer Involvement And Purchase Intention In Tourism Industry, EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, Vol. 13 No. 12, Hal: 8323-8330.

Hanaysha, J.R. (2017). An Examination of The Factors Affecting Consumer’s Purchase Decision In The Malaysian Retail Market, PSU Research Review, Vo. 2 No. 1, Hal: 7-23.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-13 Jilid 1. Edisi Indonesia. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

--------------------------------. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-13 Jilid 2. Edisi Indonesia. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Neha, S., dan Manoj, V. (2013). Impact of Sales Promotion Tools on Consumer’s Purchase Decision towards White Good (Refrigerator) at Durg and Bhilai Region of CG India, Research Journal of Management Sciences, Vol. 2 No. 7, Hal: 10-14.

Natalia, P., dan Mulyana, M. (2014). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol 2 No. 2, Hal: 119-128.

Nangoy, C.L., dan Tumbuan, W.J.F.A. (2018). The Effect of Advertising And Sales Promotion On Consumer Buying Decision of Indovision TV Cable Provider, Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 3, Hal: 1228-1237.

Nurdiana, I., Aksan, P., dan Hamali, A.Y. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT Cemara Agung Sejahtera, Banking & Management Review, Vol. 8 No. 2, Hal: 1169-1184.

Permana, D.I. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu dan Pintu PT PIJI di Jawa Timur, Performa, Vol. 2 No. 1, Hal: 116-123.

Primatika, R.A., dan Astuti, S.R.T. (2018). Analisis Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Ekuitas Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Nescafe di Kota Semarang, Diponegoro Journal of Management, Vol. 7 No. 2, Hal: 1-13.

Pradana, A.S., dan Saraswati, T.G. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grabcar, e-Proceeding of Management, Vol. 5 No. 2, Hal: 2740-2747.

Prabarini, A., Heryanto, B., dan Astuti, P. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kecantikan Wardah di Toserba Borobudur Kediri, Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi, dan Keuangan, Vol. 1 No. 2, Hal: 259-270.

Riduwan dan Kuncoro, E.A. (2011). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

------------ . (2018). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Suresh, C., Anandatarajan, K., dan Sritharan, R. (2015). Effect Of Sales Promotion Tools On Customer Purchase Decision with Special Reference To Specialty Product (Camera) At Chennai Tamilnadu, Asia Pacific Journal of Research, Vol. 1 No. 21, Hal: 171-176.

Supriyati., Darham., dan Herawati. (2017). Analisis Pengaruh Promosi dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Bungo Pada Rumah Batik Vinto Muara Bungo, Jurnal EKOBISTEK, Vol 6 No. 2, Hal: 192-199.

Santoso, E.B., dan Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal Administrasi dan Bisnis, Vol. 11 No. 1, Hal: 1-8.

Yan, R.G.P.S., Repi, A., dan Lumanauw, B. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di PT Tridjaya Mulia Sukses Manado, Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 1, Hal: 101-110.


Article Metrics

Sari view : 49 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter