Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kota Kotamobagu.

Sudirman Ansyu , Beatrix J. Podung , Shelty D.M. Sumual

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dari objek dan subjek penelitian dan melakukan analisa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru. Subyek penelitian adalah guru di SMA Negeri 1, 2, 3 dan 4 di Kota Kotamobagu, provinsi Sulawesi Utara. . Penelitian ex-post facto merupakan suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut. Pada penelitian ini variabel yang akan diteliti merupakan peristiwa yang telah terjadi. Analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menurut Sugiyono metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Tempat pelaksanaan Penelitian dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu, SMA Negeri 2 Kota Kotamobagu, SMA Negeri 3 Kota Kotamobagu, SMA Negeri 4 Kota Kotamobagu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2023. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas: obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru dari 4 SMA Negeri di Kota Kotamobagu. Teknik penelitian diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling). Teknik ini diambil karena populasinya homogen. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara simultan terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kota Kotamobagu.

Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala, Iklim Sekolah, Negeri Di KOTA KOTAMOBAGU

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, A. (2010) Korelasi Prilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Guru Di Sma Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara. UIN Alauddin Makassar, Makasar, Indonesia

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta. Giroth, L. G. J., S. D. M Sumual., & F. F. Warouw. (2022) Analisis Faktor Dominan Antara Iklim

Dan Budaya Organisasi Guna Meningkatkan Kinerja Dosen. Universitas Teknologi Sulawesi Utara (Utsu), Manado, Indonesia.

Hikmah Eva Trisnantari, 2009. Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Budaya Organisasi di SMP Negeri Kabupaten Tulungagung. DINAMIKA, Volume 9, nomor 1, Juli 2009.

Handoko, Hani, 1998. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta. BPFE Istiqomah, A, N. (2022) Pengaruh Kepemimpinan Dan Iklim Sekolah Terhadap Sekolah Efektif

Di Smp Negeri Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Indonesia.

Kaswan, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Keunggulan Bersaing Organisasi,. Graha Ilmu, Yogyakarta, 2012.

Mangkunegara, Anwar Prabu, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT Remaja Rosdakarya, Cetakan ke-11, Bandung, 2013.

Manik, E., & Bustomi, K. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Smp Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol.5, No. 2, 97-107.

Martono, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif:Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Raja Grafindo Persada.

Merentek, T. C., S. D. M. Sumual., P. R. Tuerah., & W. Karauwan., (2023). Mapalus in Educational Leadership. Edunesia: Jurnal Ilmia Pendidikan. Vol.4, No.2.

Nurchasanah. (2012). Pengaruh Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Jurnal JMP, Vol. 1, No.3.

Podung, B. J. (2018) The Prediction of LearningAchievements Assessed In The Manajement Of Departement Regulation, Learning Climate and Interpersonal Communication. Asian Journal of scince and Technology. Vol.9. Issue.02, pp 7576-7584.

Saerang, H. M., J. M. Lembong., S. D. M. Sumual., & R. M. S. Tuerah (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang, El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol.9, No.1.

Saiful Sagala, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu pendidikan, Alfabeta, Bandung 2009.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar evaluasi pendidikan, Bina Aksara, Jakarta, 2001.

Sumual, S. D. M (2023) Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran . Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, Vol. 12, No. 1, pp 95-99.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidika, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung,

Penerbit Alfabeta, 2011.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Peneltian. Bandung: Alfabeta.

Suyono,S. (2017) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Mts Nu Ma’arif Di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Kudus, Indonesia.

Ujang Didi Supriyadi. 2010. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Bagi Peningkatan Kualitas Sekolah di Kabupaten Waikabubak. Jurnal Tenaga Kependidikan Edisi 4 No. 1, April 2010 Wahdjosumijo, Kepemimpinan kepala sekolah, Tinjauan teoritik dan permasalahannya, Raja

Grafindo, Jakarta, 2003

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006.

Bandung : Citra Umbara.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.5851

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter