Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smk Negeri 1 Airmadidi
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh minat belajar siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dengan subyek penelitian siswa jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sukawesi Utara. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif untuk mengumpulkan data dari sampel yang representatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Airmadidi dengan jumlah siswa 150 orang dan jumlah sampel 60 orang siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa minat belajar siswa dan perhatian orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, baik secara individual maupun ketika digabungkan bersama-sama.Temuan penelitian ini mendukung pandangan bahwa minat belajar dan perhatian orang tua memainkan peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Minat Belajar; Perhatian Orangtua; Prestasi Belajar.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aminol Rosid Abdullah,dkk. (2022) Pengembangan Minat dan Bakat Belajar
Siswa. Malang : CV.Literasi Nusantara Abadi
Arif S.Sardiman.(2018) Media Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Arifin,Zainal.(2012) Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru .J
Jakarta :Remaja Roda Karya.
Arikunto.(2021) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3.Jakarta : Bumi Aksara
Djaali.(2013) Psikologi Pendidikan .Jakarta : Bumi Aksara
Djamarah Syaiful Bahari (2012).Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru.
Surabaya:Usaha Nasional
Eddy Roflin,Ferani Eva Zulvia.(2021).Kupas Tuntas Analisis Korelasi.Jawa
Tengah.PT.Nasya Expanding Management
Fadly Azhar.(2021).Pembelajaran Sistem Daring Google classroom
melalui kare Approach.Jogjakarta : KBM Indonesia
H.Rifai”i.Abubakar.(2020).Metoda teknik pengumpulan dan teknik analisis
data,Yogyakarta : SUKA – Press
Hidayat,A.(2019).Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak.Jakarta :
PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Helmawati.(2014).Pendidikan Keluarga.Bandung: Remaja Rosdakarya
H.Muhadjir Darwin.(2010).Pendidikan Keluarga. Yogyakarta: Buku Kompas
H.Nazarudin.(2019).Pendidikan Keluarga. Palembang : CV.Amanah
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2016).Strategi Pembelajaran
Bahasa . Bandung : PT.Remaja Rosdakarya
Jhon W.Creswell dan Vicki L.Plano Clark (2017)Designing and Conducting
Mixed Methods Research,California,Amerika Serikat:SAGE Publication
Muhibbin. (2017). Psikologi pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Muslim.(2020).Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak
Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Penerbit:
CV.Budi Utama
Moh.Zaiful Rosyid.(2019).Prestasi Belajar. Jawa tengah: Literasi Nusantara
Pratiwi, I.T.M., & Meilani, R.I. (2018). Peran media pembelajaran dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen
Perkantoran, 3(2), 173-181. doi: 10.17509/jpm.v3i2.11762
Siti Nurul Hidayah.2016. Motivasi Belajar dan Pengertian Motivasi
Belajar.Malang :Universitas Islam Negeri Malang
Shilphy A.Octavia .2020.Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja.
Jakarta : Elex Media Komputindo
Slameto.2015.Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka
Sri Harmini,Hartini Kartini,Imam Gunawan.2017.Filsafat dan Teori Pendidikan.
Malang : Universitas Negeri Malang
Sugiyono.2013.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R & D.Bandung:Alfabeta.
Viktory,R.,Tiersa,U.,Lady,G.,Kyrie,R. 2022. OrangTua dan Pendidikan.
Yogyakarta: CV.Budi Utama
Wahab.2015.Psikologi Belajar.Jakarta : Rineka Cipta
Widodo.(2020). Pendidikan Orang Tua. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakan
Badan Penelitian Dan Pengembangan dan Perbukuan . Jakarta :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.5852
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional