Pengaruh Kompetensi Guru Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa yang di Moderasi oleh Penggunaan Teknologi Informasi (Studi pada SMA Seminari Fransiscus Xaverius Kakaskasen)

Leidy Yasinta Pantow, Arie Kawulur, Nikolas Fajar Wuryaningrat

Sari


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik pada kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa. Selain itu tujuan lainnya adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan teknologi informasi dalam memperkuat pengaruh kompetensi pedagogik guru pada kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa di SMA Seminari Fransiscus Xaverius Kakaskasen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Seminari Fransiscus Xaverius Kakaskasen yang berlokasi di Kelurahan Kakaskasen 3, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Dipilihnya tempat penelitian ini berawal dari studi pendahuluan yang pernah dilakukan di tempat ini. Penelitian berlangsung selama 3 bulan yaitu Mei sampai dengan Juli 2023. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dan XI di SMA Seminari Fransiscus Xaverius Kakaskasen dengan jumlah populasi sebanyak 108 siswa dan semuanya menjadi responden dalam penelitian. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dapat diartikan sebagai metode yang digunakan untuk  meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan dan diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA Seminari Fransiscus Xaverius Kakaskasen, hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Kompetensi pedagogik guru pada SMA Seminari Fransiscus Xaverius Kakaskasen memiliki tingkat yang baik sehingga mampu membuat hasil belajar siswa meningkat. Simpulan lainnya bahwa penggunaan teknologi informasi  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa SMA Seminari Fransiscus Xaverius Kakaskasen dan dapat dikatakan penggunaan teknologi informasi  memoderasi hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa, hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi penggunaan teknologi informasi pada kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar  telah berjalan dengan baik sehingga  membuat siswa lebih giat dalam proses belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdillah., W dan Jogiyanto. 2009. Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit Andi: Yogyakarta. Hal 262.

Abdul Rahman, (2018:) “Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Islam.

Ahmad Tanzeh. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Alfath, Annisa, Fara Nur Azizah, and Dede Indra Setiabudi. "Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar." Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan 1.2 (2022): 42-50.

Andriawati, E., & Budi, B. (2013). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(10).

Aryzona, Eva Fahriani, Asrin Asrin, and Muhammad Syazali. "Analisis Kompetensi Guru dan Desain Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8.1 (2023): 424-432.

Aulia Akbar, (2021) “Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru”, Jurnal Pendidikan Guru

Bakri Anwar, (2018) “Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran”, Jurnal Shaut al Arabiyyah

Chin, W. W., & Dibbern, J. (2010). An Introduction to a Permutation Based Procedure for Multi-Group PLS Analysis

Cooper, Donald R, Pamela S. Schindler (2008), Business Research Methods, Tenth Edition, Boston: McGraw Hill

Darwati, A. (2022). Pengaruh penggunaan media berbasis IT dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa di gugus 3 Kecamatan Pamulihan pada masa pandemi covid-19. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9).

Dimyati Dan Mudjiono, (2009) Belajar Dan Pembalajaran, (akarta: Rineka Cipta.

Fauzan, (2013) Kurikulum dan Pembelajaran, Tangerang Selatan: GP Press

Hair, Joseph F Jr. et al 2010, Multyvariate data analysis 7th Edition. Pearson Education Limited. Harlow. England

Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey: Pearson

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing theory and Practice, 19(2), 139-152.

Ifroh Nasution, (2017) "Tesis: Kompetensi Pedagogi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Pai Di Sdit Riad Madani Deli Serdang", Medan: UIN Sumatera Utara

Jejen Musfah, (2011) Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar Teori dan Praktik, (Jakarta: Kencana,)

Ni Nyoman Perni, (2019) “Kompetensi Pedagogik Sebagai Indikator Guru Profesional”, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru

Rina Febriana, (2021) Evaluasi pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Ghozali, Imam, & Latan Hengky. (2014). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 (edisi ke-2). Semarang: Universitas Diponegoro

Srinadi, N. L. P. (2015). Analisis pengaruh penggunaan teknologi informasi sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I).

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Uno, Hamzah. B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Kegiatan Belajar Mengajar Kreatif Efisien. Jakarta: Bumi aksara.

Wahyu Bagja Sulfemi, (2015) Kemampuan Pedagogik Guru”, Prosiding Seminar Nasional

Wuryaningrat, N. F. (2020, December). Kemampuan Inovasi Industri Kreatif Di Indonesia. Forum Pemuda Aswaja.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6050

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter