Pengaruh Implementasi Bisnis Internasional Terhadap Lingkungan Budaya
Sari
Melalui analisis data, informasi latar belakang membantu mendorong bisnis internasional dengan tetap mempertimbangkan budaya yang ada. Dalam artikel ini, penulis melihat lebih dekat pentingnya faktor budaya dalam bisnis internasional, bagaimana budaya dapat mempengaruhi strategi dan pemasaran bisnis internasional, dan studi kasus mengenai tantangan dan hambatan yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan dan pengolahan data dari berbagai sumber seperti jurnal online dan website yang berkaitan dengan topik pembahasan. Singkatnya, pengaruh budaya sangat penting bagi keberhasilan atau kegagalan bisnis internasional. Meskipun kerugian tidak jarang terjadi dalam bisnis, pengaruh budaya terhadap strategi bisnis internasional mempengaruhi berbagai aspek seperti komunikasi, negosiasi, pengambilan keputusan, nilai-nilai, praktik bisnis, preferensi konsumen, serta peraturan dan kebijakan pemerintah. Agar ekspansi internasional berhasil, perusahaan harus melakukan riset pasar dan budaya secara menyeluruh, mengadaptasi produk dan layanan, berkolaborasi dengan mitra lokal, mematuhi undang-undang dan peraturan setempat, serta meningkatkan komunikasi lintas budaya dan keterampilan negosiasi perlu dikembangkan. Selain itu, perusahaan harus berkomitmen terhadap praktik bisnis yang etis dan bertanggung jawab secara sosial serta bersedia belajar dan beradaptasi terhadap perubahan.
Kata Kunci : Bisnis, Internasional, Budaya
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Endy Gunanto. 2014. Pengaruh Lintas Budaya Pada Pemasaran Internasional Dengan Pendekatan Perilaku Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Vol. 1, No. 2
Hasan, M.I. 2013. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Hasbullah, Jousairi, 2006. Social Capital, Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia, Jakarta: MR-Unired Press
Kristanto, Jajat. (2002). Manajemen Pemasaran Internasional, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Manrai L.A. and Manrai A.K. (2010),” Entrepreneurship and Development: Local Process and Global Patterns”, The Royal Institute of Technology, Centre of Excellence for Science and Innovation Studies (CESIS)
Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional Jilid 1. Salemba Empat: Jakarta
Sri Yunan Budiarsi. 2003. Literasi Budaya: Peranan dan Pemahaman Dalam Aktivitas Bisnis Internasional. Jurnal Widya dan Manajemen Akuntansi. Vol 3. No.3.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6121
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional