Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Pemahaman E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang
Sari
Minat berwirausaha yang rendah membuat kurang termanfaatkannya pasokan tenaga kerja dikarenakan lapangan pekerjaan yang kurang dalam menyerap banyaknya tenaga produktif yang ada. Pengetahuan kewirausaahan merupakan salah satu kompetensi penting yang dibutuhkan dalam berwirausaha. Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia dan tingginya penetrasi internet pada dunia usaha berimplikasi pada maraknya kegiatan jual beli melalui internet pada berbagai macam media/platform. Analisis verifikatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Variabel Pengetahuan Kewirausahaan (X₁) dan variabel Pemahaman E-commerce (X₂) berpengaruh secara simultan terhadap Minat Berwirausaha (Y) mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang dengan koefisien determinasi sebesar 62,2%, dan sisanya merupakan pengaruh yang diberikan oleh variabel lain yang tidak diteliti dengan nilai koefisien determinasi sebesar 37,8%.
Kata Kunci: Pengetahuam Kewirausahaan; Pemahaman E-commerce; Minat Berwirausaha.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anjum, T., Farrukh, M., Heidler, P., & Tautiva, J. A. D. T. (2021). Entrepreneurial Intention: Creativity, Entrepreneurship, and University Support. Journal of Open Innovation : Technology, Market, and Complexity.
Badan Pusat Statistik. (2022). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2022. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1915/februari-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-83-persen.html#:~:text=Tingkat%20Pengangguran%20Terbuka%20(TPT)%20Februari,kerja%20yang%20terdampak%20COVID%2D19.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang. (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Kabupaten Karawang Agustus 2022. https://karawangkab.bps.go.id/pressrelease/2023/01/05/320/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--agustus-2022-di-kabupaten-karawang-sebesar-9-87-persen.html
Boldureanu, G., Ionescu, A. M., Bercu, A. M., Bedrule-Grigoruţă, M. V., & Boldureanu, D. (2020). Entrepreneurship education through successful entrepreneurial models in higher education institutions. Sustainability (Switzerland), 12(3). https://doi.org/10.3390/su12031267
Dr. H.A. Rusdiana, M. (2021). PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN. Penerbit Insan Komunika.
Haqqy, Q. (2023). Pengaruh Pemahaman E-Commerce Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019). Universitas Negeri Jakarta.
Isma, T. W., Giatman, M., & Nazar, E. (2021). Studi Literature: Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 59–67. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.168
Lovita, E., & Susanty, F. (2021). Peranan Pemahaman E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Bagi Kewirausahaan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 47–54. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.437
Rudiatna, & Heru. (2020). Pengaruh Pemahaman E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Survei pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas semeseter 5 dan 7). Universitas Pasundan Bandung.
Sarip Utoyo, S. M. S., Rima Untari, S. M. S., & Atika Nashirah Hasyyati, S. M. S. (2021). Statistik Karakteristik Usaha 2021.
Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Gender. Jurnal Ppkm, 103.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6176
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional