Implementasi Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana manajemen pembelajaran telah dilaksanakan dan bagaimana penerapannya pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Method dengan metode Sequential Explanation. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 19 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan menggunakan statistik deskriptif sebagai teknik analisis yang dilanjutkan dengan validasi temuan dengan strategi Member Checking. Untuk memverifikasi kredibilitas informasi. Hasil analisis statistik pelaksanaan pengelolaan pembelajaran berdasarkan fungsi pengelolaan pembelajaran pada masa Pandemi memperoleh kategori “sedang”. Artinya pengelolaan pembelajaran belum sepenuhnya dilaksanakan, terdapat indikator yang belum dapat dipenuhi oleh guru dalam pelaksanaannya, antara lain: Koneksi internet yang buruk, komitmen orang tua yang tidak konsisten, siswa kesulitan belajar online, kesalahpahaman guru dan siswa, dan kurangnya penguasaan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan peran guru dalam mengelola pembelajaran mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi guna meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19, baik pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring (online) maupun luring (offline).
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran, Covid-19.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen Sdm Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20–40.
Bashori, B. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal
Penelitian, 11(1).
Bashori, B. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Di MTs Yapita Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Didaktik, 53(9), 1689–1699.
Bashori, B., Prasetyo, & Susanto, E. (2020). Change Management Transfromation In Islamic Education Of Indonesia. Social Work and Education. https://doi.org/ 10. 25128/2520-6230.20.1.7.
Ein Maria Olfa.2020. Pengaruh Model Belajar MURDER Terhadap Penguasaan Peserta Didik di MTs PP Tunas Harapan Tembilahan, Al-Mutharahah, http://ojs.diniyah.ac.id/ index. php/Al-Mutharahah.
Erni Sukaesih.2020.Strategi Optimalisasi Manajemen Pengetahuan Berbasis Multi-Generasi Karyawan dalam Upaya Meningkatkan Modal Intelektual di Telkom Regional III Jawa Barat, Jurnal Universitas Pasudan, http://repository.unpas.ac.id/47838/.
Jojo Warjo dkk.2018.Implikasi Gaya Berpikir dan Interaksi Sosial Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Berbasis Media Informasi dan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Edubiologica, Vol. 6, No. 1, Juni 2018.
Lailatul Maskhuroh dkk,2020. Penerapan Cooperative Learning dalam Pembelajaran Materi Tarikh Berbantukan Internet di SMPN 1 Jombang, Urwatul Wutsqo, Vol 09, No 1, Maret 2020.
Marjuni, A dan Hamzah Harun. 2019. Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Idaarah : Jurnal Manajemen Pendidikan, 3. No. 2.
Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. In Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru.
Nur Jannah, Syarifatul Marwiyah.2020. Model Pengembangan Kurikulum Adaptif pada Madrasah Ibtidaiyah Inklusif, Jurnal Auladuna, http://ejournal. inaifas.ac.id/ index.php/ auladuna/article/view/300/239.
Syafaruddin.2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam.Jakarta: Ciputat Press
Saifuddin Zuhri, 2019.Mutmainah, Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Iklim Belajar di Kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong, Tangerang Selatan, Banten, el-Moona Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Volume I (2), 2019.
Satria Nasution.2019. Penerapan Saintifik dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa tentang Sistim Gerak pada Manusia Pelajaran IPA di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah Kab. Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Edu Sains Vol. 2 No.1 Januari 2019
Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. In Bandung: Alfabeta.
Tarbiyah, R. F., Keguruan, I., & Kendari, I. (2016). Penerapan Manajemen Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MIN Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 11(1), 116–133.
Ujang Andi Yusuf. 2020. Kebutuhan Ilmu Manajemen Pendidikan Islami dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi 4.0, Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/688/491.
Wika Niati.2020. Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Perkemangan Bahasa Anak pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Darma Wanita Kab. Seluma, Al Fitrah Journal OEarly Childhood Islamic Education.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6256
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional