Analisis Pengaruh Konten Digital Marketing Terhadap Minat Beli Produk Mobil Hyundai
Sari
Digital marketing termasuk strategi pemasaran yang dijalankan oleh PT. Gowa Modern Motor atau Hyundai Gowa melalui Instagram sejak tahun 2020 hingga sekarang. Selama diterapkannya belum pernah dilakukan evaluasi untuk melihat efektivitas konten digital marketing terhadap minat beli calon customer Hyundai Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten digital marketing terhadap minat beli konsumen pada produk Hyundai di Hyundai Gowa melalui Instagram dengan metode kuantitatif menggunakan software SPSS 27 yang dilakukan dari bulan Maret hingga Agustus 2023. Selain melakukan wawancara, observasi, dan kuesioner, data populasi dikumpulkan dari 665 sampel, dengan 90 responden diambil dari pengikut Instagram dan calon pelanggan Hyundai Gowa. Regresi sederhana dengan uji T dan uji R Square kemudian digunakan untuk menganalisis data, dengan digital marketing sebagai variabel X (independen) dan minat beli sebagai variabel Y (dependen). Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 0,05, pemasaran digital mempengaruhi minat beli sebesar 72,4%. Konten digital marketing yang dapat meningkatkan minat beli calon customer adalah jenis konten feeds gambar produk, edukasi dan informatif.
Kata Kunci: Digital Marketing, Minat Beli, PT.Gowa Modern Motor
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bella Fidanty Shahnaz, N., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (n.d.). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO ONLINE. Management Analysis Journal. http://maj.unnes.ac.id
Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing (Sobirin, Ed.). Celebes Media Perkasa.
Durianto, & Liana, C. (2004). Analisis efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumen decision model. Ekonomi Perusahaan, 11(1), 35–55.
Fery, E. (202 C.E., December). Hyundai Sajikan Pameran Virtual Untuk Konsumen di Indonesia.
Jones. (2022). Digital Marketing in Automobile Industy.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Munsari, M., Asrul, Gustiana, Z., Muhardono, A., Aju, C. N., Widarman, A., Yuniwati, I., Sudarso, A., Yasir, A., Anatasya, A. E. F., & Halim, F. (2022). Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Digital (J. Simarmata & M. J. F. Sirait, Eds.). Yayasan Kita Menulis.
Nisrina, M. (2015). Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Kobis.
Nurhuda, S. F. (2023, January). Penjualan Mobil Hyundai di Indonesia Naik 1.000 Persen, Ini Rahasianya.
Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Instagram Indonesia Terbesar Keempat di Dunia.
Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (International). Pearson Education Limited.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6279
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional