Transformasi Pelayanan Publik : Mengkaji Dampak Informasi, Sumber Daya Manusia dan Sosial Budaya Terhadap Digitalisasi Melalui Infrastruktur Teknologi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Mamuju
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak informasi, sumber daya manusia dan sosial budaya terhadap digitalisasi melalui infrastruktur teknologi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten. Mamuju. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten. Mamuju. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif kuantitatif dengan metode analisis jalur. Hasil Penelitian ini menemukan dan menunjukkan bahwa 1) informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap infrastruktur teknologi. 2) SDM tidak berpengaruh signifikan terhadap infrastruktur teknologi. 3) Sosial budaya tidak berpengaruh signifikan terhadap infrastruktur teknologi.4) Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap digitalisasi. 5) SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap digitalisasi. 6) Sosial budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap digitalisasi. 7) Infrastruktur teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap digitalisasi. 8) Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap digitalisasi melalui infrastruktur teknologi. 9) SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap digitalisasi melalui infrastruktur teknologi. 10) Sosial budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap digitalisasi melalui infrastruktur teknologi.
.
Kata Kunci: Informasi, SDM, Sosial Budaya, Digitalisasi, Infrastruktur Teknologi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Dwiyanto , Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, UGM Perss (Cetakan I), 2021.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Amran Sulaiman, Pelayanan publik transparan, efisien, dan kredibel, Indonesia, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pertanian RI, 2017.
Anggraini, D. (2023) Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik melalui Digitalisasi (Studi Kasus di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang), Efforts to Improve the Quality of Public Services Through Digitalization
Eko mulyono, 2013. Pengaruh teknologi informasi terhadap pengelolaanadministrasi kependudukan di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Berau, ejournal Volume 1, Nomor 1.
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Jakarta. Pt Raja Grafindo Persada, 2009)
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPS 23. Edisi Kedelapan. Penerbit Universitas Dipponogoro. (Semarang, 2018).
Faizal, M., Hermawan, D. and Sulistio, E.B. (2020), Digitalisasi pelayanan pensiun aparatur negara pada taspen (studi tentang taspen ototentikasi di pt taspen (persero) kcu kota bandar lampung), License AdministrativA |. Available at: www.taspen.co.id. (Di akses pada hari Seni pada tanggal 24 Agustus 2023).
Hardiyansyah, (2018), Kualitas Pelayanan Publik, padal laman http://eprints.binadarma.ac.id/3820/1/Kualitas%20Pelayanan%20Publik.pdf (Diakses pada haei Senin tanggal 25 August 2023).
Hardiyansyah, 2018. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya, Gava Media (Cetakan Ii).
Hardiyansyah, H. (2018) Kualitas Pelayanan Publik, Available at: http://eprints.binadarma.ac.id/3820/1/Kualitas%20Pelayanan%20Publik.pdf (Diakses: 25 Augustus 2023).
Haryanto, M. Pd, Haris Iriyanto, and S. Sos. 2021. Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas, Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Hasan, Nur Fitrianingsih, 2023. Dasar Analisa Perancangan Sistem Informasi, Cendikia Mulia Mandiri.
Iman, R.M., Rusdy, R. and Flambonita, S. (2023). Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Pemerintah Daerah untuk Mewujudkan Good Governance. Pada Lamana https://doi.org/10.28946/lexl.v5i2.2351. (DI akses hari Minggu Tanggal 27 Agustug 2023)
Irawan Soehartono, Metode Penelitian Sosial Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu sosial lainnya, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995).
Irawan. B, (2017), Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik, Jurnal Paradigma (JP), 2(1).
Mahendrawathi, 2023. Sistem Enterprise: Konsep dan Implementasi. Penerbit Andi.
Mardalis, 2008. Metode Penelitian “Suatu Pendekatan Proposal”, (Jakarta: Bumi Aksara).
Nur, Andi Cudai, Haedar Akib, and Risma Niswaty. eksistensi administrasi publik pada arus globalisasi, (2022).
Putra, M.B. (2020). Mengenal Pelayanan Publik, Ombudsman Republik Indonesia, https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--mengenal-pelayanan-publik (Accessed: 18 August 2023).
Rahayu. S. Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage Terhadap Kinerja Keuangan. (e-Proceeding of Management Vol. 6, No. (2):3190. 2019).
Riani, N.K. (2021), Strategi Peningkatan Pelayanan Publik, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), pp. 2443–2452. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.489. (Di akses hari senin 25 Agustus 2023).
Ritonga, A.E., dkk pengaruh transformasi digital terhadap pengembangan sumber daya manusia (sdm) di dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) kota pematangsiantar, Jurnal Publik Reform, (2023). 10(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jpr.v10i1.3453.
Rusdin Pohan, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Rijal Institute, 2007).
Ridwan dan Kuncoro,. Cara menggunakan dan memakai analisis jalur (path analysis). (Bandung: CV Alfabeta ,2012).
Syafiie, Inu Kencana. Ilmu Administrasi Publik, (Jakarta: Rineka Cipta,2002).
Sari, N., Arifin, J. and Suparti, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Telaga Itar Kecamamatan Kelua Kabupaten Tabalong, Jurnal Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 3(2). . (2020) . Available at: http://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/293/238 (Diakses pada tanggal 25 August 2023).
Setyobudi, Yustinus Farid,. (2013). Peran Masyarakat Dalam Pelayanan Publik Sesuai Dengan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Jurnal Dimensi 2.1.
Siswanto Sastrohadiwiryo, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Bumi Aksara, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Cet. 20, (Bandung: Alfabeta, 2014).
Sugiyono, Metodologi Peletian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2011).
Sugiono, Metode Penelitian, Kuantitatif Kualitatif R dan D.( Alfabeta. Bandung, 2019)
Sugiono. Metode Penelitian Bisnis, Sumyar, Dasar – dasar Hukum Pajak dan Perpajakan, Universitas Atma Jaya, (Yogyakarta, CV. Alfabeta. 2019).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revisi VI), (Jakarta: PT.Reineka Cipta, 2006).
Sulila Ismet, 2015. Implementasi dimensi layanan publik dalam konteks otonomi daerah. Deepublish (Cetakan I).
Trisantosa, I. Nyoman, 2022. Pelayanan Publik Berbasis Digital. Deepublish.
Trisantosa, I.N., Kurniasih, D. and Hubeis, M. (2022) Pelayanan Publik Berbasis Digital, (Diakses 25 Agustus 2023). Available at: https://repository.unikom.ac.id/69739/1/B.A.23.pdf
Trisantosa, I.N., Kurniasih, D. and Hubeis, M. (2022) Pelayanan Publik Berbasis Digital. (Diakses: 25 Agustus 2023). Available at: https://repository.unikom.ac.id/69739/1/B.A.23.pdf
Trisantosa, Kurniasih, dan Hubeis, (2022), Pelayanan Publik Berbasis Digital, dilaman https://repository.unikom.ac.id/69739/1/B.A.23.pdf (Accessed: 25 Agustus 2023).
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran. Bandung, 2018.
W. Matja, Etnografi Desain Penelitian Kualitatif Dan Manajemen Pendidikan, (Malang: Winaka Media, 2003).
Wheelan, T.L. dan Hunger, J.D. (2004). Strategic Management and Business Policy, Prentice Hall.
Wulandari, Phaureula Artha, and Emy Iryanie. 2018. Pajak daerah dalam pendapatan asli daerah. Deepublish.
Wursanto. Manajemen Kepegawaian. Penerbit Kanisius, 2018..
Wardiana, W. Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Universitas, 2002.
Yulianto, Yulianto. "Meningkatkan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Menuju Era New Normal." Prosiding Seminar STIAMI. Vol. 7. No. 2. 2020.
Yuniarsi, Tjutju dan Suwatno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Alfabeta.
Zahran, R. and Ali, H., Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Informasi: Sumber Daya Manusia, Bisnis, Teknologi dan Metode, (Literature Review Manajemen Pemasaran), 2020.
Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Cet. 2, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6290
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional