ANALISIS BIAYA STANDAR SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PT SEMEN BOSOWA DI KABUPATEN MAROS Analyze of Standard Cost as A Production Cost Control Tool In PT Semen Bosowa In Maros District

Masdar Ryketeng

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan biaya standar sebagai alat pengendalian biaya produksi pada PT Semen Bosowa Maros di Kabupaten Maros. Penelitian ini bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan  wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis varians. Berdasarkan hasil analisis varians untuk data tahun 2011 dan 2012 diketahui clinker, gypsum, dan Additive mat. Others  memiliki varians favourable. Hasil analisis varians untuk tenaga kerja langsung menunjukkan bahwa tarif tenaga kerja langsung pada tahun 2011 dan 2012 memiliki varians favourable.

 

Efesiensi tenaga kerja langsung pada tahun 2011 dan 2012 memiliki varians favourable. Hasil analisis varians overhead variabel pada tahun 2011 menunjukkan bahwa bahan bakar dan pelumas, maintenance dan supplies, biaya perpindahan material, dan sewa alat berat, dan biaya pabrikasi lainnya terjadi varians unfavourable, sedangkan untuk listrik, biaya asuransi, izin, pajak, da iuran terjadi varians favourable. Pada tahun 2012 menunjukkan bahwa bahan bakar dan pelumas, listrik, maintenance dan supplies pabrik, biaya asuransi, izin, pajak, iuran, dan biaya pabrikasi lainnya terjadi favourable, sedangkan biaya perpindahan material, dan sewa alat berat terjadi varians unfavourable..  Sehingga hipotesis yang diajukan “diduga biaya standar belum efektif sebagai alat pengendalian biaya produksi pada PT Semen Bosowa Maros” diterima.

Kata-kata Kunci :  Biaya Standar, Biaya Produksi, Analisis Varians 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bustami & Nurlaela. 2006. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Graha Ilmu

Darsono. 2003. Akuntansi Biaya. Malang: Bayu Media.

Garrison, Ray H & Noreen, Brewer. 2006. Akuntansi Manajerial. Edisi kesebelas. Jakarta : Salemba Empat.

Hansen, D. R., & Maryane, M. Mowen. 2006. Akuntansi Manajemen Edisi Tujuh. Jakarta : Salemba Empat.

Kuswadi. 2005. Meningkatkan Laba Melalui Pen dekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Martusa, Riki, Marsiana Jennie. 2010. “Evaluasi Biaya Standar dalam Pengendalian Baiya Produksi (Studi Kasus pada PT. PG. Rajawali Subang)”. Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi. Vol. 9, No. 11 ISSN: 1693-8305.

Martusa, Riki, Marsiana Jennie. 2010. “Evaluasi Biaya Standar dalam Pengendalian Baiya Produksi (Studi Kasus pada PT. PG. Rajawali Subang)”. Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi. Vol. 9, No. 11 ISSN: 1693-8305.

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. Edisi 5. Yogyakarta: Aditya Media.

Rony, H. 2004. Akuntansi Biaya; Pengantar untuk Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sutrisno.2005.Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Ekonisia.


Article Metrics

Sari view : 83 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.2568/yum.v3i1.630

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter