PENGARUH MANAJEMEN WAKTU, MOTIVASI MENGAJAR, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESSIONAL GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN TAMALATEA KOTA MAKASSAR
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh manajemen waktu, motivasi mengajar dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi professional guru di Yayasan Pendidikan Tamalatea Kota Makassar.
Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 112 guru Yayasan Pendidikan Tamalatea Kota Makassar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 16. Teknik sampling yang dipakai adalah metode sensus dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik dan analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen waktu berpengaruh positif terhadap kompetensi professional guru. Motivasi mengajar berpengaruh positif terhadap kompetensi professional guru dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kompetensi professional guru.
Kata Kunci: Manajemen waktu, Motivasi mengajar,Kepemimpinan kepala
sekolah dan kompetensi professional guru.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
AMKOP. 2016. Pedoman Penulisan Tesis Revisi 01. PPs AMKOP Makassar.
Abdul Jawwad, M. Ahmad. 2006a. Manajemen Waktu. (terjemahan Khozin Abu Faqih). Bandung: Syaamil Cipta Media.
------ 2006b. Rahasia Kesuksesan. (terjemahan Khozin Abu Faqih). Bandung: Syaamil Cipta Media.
Adlan, Aidin. 2000. Hubungan Sikap Guru Terhadap Matematika dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja. Jakarta: Matahari No.1.
Ciptono dan Anastasia D. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.
Aqib, Zainal. 2002. Profesional Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Cendekia.
Arinkunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas Dirjen PMPTK. 2007. Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Gulo,W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Hamid Al Audah, Sulaiman. 2003. Bagaimana Muslimah Memanfaatkan Waktu. Jakarta: Gema Insani.
Hamzah. 2008. Teori motivasi dan pengukurannya:analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hofmeister, Alan M. and Margaret Lubke.1990. Research into Practice: Implementing Effective Teaching Strategies. Boston USA:Allyn and Bacon.
Http://id.Shvoong.Com/books/Manajem
en- Literatur/1657063-organisasi-dan-
pengorganisasian,Sun, 26 Agustus 2007.15:30:00 GMT.
Idris, Zahara. 1981. Dasar-dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya.
Ibrahim, R. 2002. Kurikulum Pembelajaran. Bandung: Jurusan KTP FIB UPI.
Joni, T.Raka. 1984. Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta:Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Literatur/1657063-organisasi-dan-pengorganisasian. Sun, 26 Agustus 2007. 15:30:00 GMT.
Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyana, Imam. 2007. Manajemen Waktu, http://id. Shvoong. Com/books/ Manajemen. Sun, 26 Agustus 2007
Nasution, S. 2002. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara.
Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar kompetensi Guru. 2007. Semarang . Diperbanyak oleh LPMP.
Permendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi dalam Jabatan. 2007. Semarang . Diperbanyak oleh LPMP.
Robbins,Stephen.P. 2000. Perilaku Organisasi.Jakarta: PT.Indeks Gramedia.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. RosdaKarya.
Tarsito. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Timpe, A.Dale (Editor). 2002a. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia: Manajemen Waktu. Jakarta: Gramedia Asri Media.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta. Diperbanyak oleh PT. Sekala Jalmakarya.
Usman, M. Uzer. 2006. Usman, M. Uzer. 2006. Menjadi Guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet Ke-20. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet Ke-20.
Wirawan. 2002. Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia dan UHAMKA Press.
------2002b. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia: Kepemimpinan. Jakarta: Gramedia Asri Media.
------ 2002c. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia: Motivasi Pegawai. Jakarta: Gramedia Asri Media.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v3i1.631
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional