Dampak Perubahan Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19 Pada Peningkatan Penjualan Bisnis E-Commerce Di Kabupaten Marowali
Sari
Pandemi Covid-19 memiliki dampak sangat luas dan besar terhadap kondisi perekonomian. E-Commerce secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan signifikan dan bentuk-bentuk perubahan perilaku yang terjadi terhadap konsumen dalam menggunakan e-commerce sebelum dan dimasa pandemi covid-19 di Morowali Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 150 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi linear. Hasil koefisien regresi menunjukkan bahwa konstanta memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan koefisien konstanta sebesar 1.046 dan signifikansi statistik yang sangat tinggi (p < .001). Hal ini menunjukkan bahwa, pada tingkat penjualan nol, masih ada tingkat perilaku konsumen yang signifikan. Namun, koefisien untuk variabel independen "Peningkatan Penjualan" menunjukkan nilai yang tidak signifikan secara statistik (p = .126), dengan koefisien sebesar 0.122 dan nilai Beta sebesar 0.125. Hasil ini menunjukkan bahwa, dalam konteks penelitian ini, peningkatan dalam volume penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen pada tingkat signifikansi yang biasanya diterima (α = 0.05). Kesimpulan penelitian tidak terjadi perubahan signifikan perilaku konsumen pada e-commerce sebelum dan di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Morowali Utara.
Kata Kunci: Kata Kunci: E-commerce, Konsumen, Penjualan, Pandemi Covid-19.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dwi Anggara, B. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan Di Pasar MMTC Medan (Doctoral dissertation).
Bawono, A., Isanawikrama, I., Arif, K., & Kurniawan, Y. J. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Belanja Online (Studi Kasus pada Situs Belanja Online XYZ). Jurnal pengabdian dan kewirausahaan, 2(2).
Rani, F. D., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image Dan Rebranding Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Iconnet Di Bandung. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(2), 300-311.
Dewi, R. Y., Yulianeu, Y., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak. Com). Journal of Management, 3(3).
Hanifah, N., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian secara online pada masa pandemi COVID-19. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8(2), 112-122.
Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.
Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online. J@ TI Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143-152.
Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 291-297.
Tjahjono, A. (2013). Analisa marketing mix, lingkungan sosial, psikologi terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-9.
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12-26.
Zaroni, A. N. (2012). Landasan Filosofis Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam Dan Konvensional. Mazahib.
Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis pengaruh persepsi risiko, kualitas situs web, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1-11.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6325
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional