Jual Beli Dalam Praktek Affiliate Marketing Pada E-Commerce Perspektif Akuntansi Syariah (Studi Kasus Pada Perusahaan Shopee Indonesia)
Sari
Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menelaah bagaimana jual beli dalam praktek Affiliate Marketing pada e-commerce Shopee berdasarkan perspektif Akuntansi Syariah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriftif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu diperoleh secara langsung dari sumber aslinya seperti Al-Qur’an, hadist, ijma, dan wawancara dan data sekunder data sekunder diperoleh dari data laporan keuangan shopee untuk menganalisis pencatatan dan pengakuan penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopee mengakui pendapatannya dari transaksi jual beli melalui affiliate marketing dengan membebankan biaya komisi dengan tarif tetap kepada penjual berdasarkan harga atau nilai barang dagangan kotor di marketplace. Pengakuan pendapatan di SAK diatur dalam PSAK 72 yang sudah berlaku mulai tahun 2020.
Kata Kunci: Jual Beli, Affiliate Marketing, dan Akuntansi Syariah.
Abstract
This research was conducted with the aim of examining how buying and selling in Affiliate Marketing practices in Shopee e-commerce based on a Sharia Accounting perspective. The method used is descriptive qualitative with a case study approach. The type of data used is primary data, which is obtained directly from the original sources such as the Qur'an, hadith, ijma, and interviews and secondary data secondary data obtained from shopee's financial statement data to analyze the recording and recognition of sales. The results showed that Shopee recognizes its revenue from buying and selling transactions through affiliate marketing by charging commission fees at a fixed rate to sellers based on the price or gross merchandise value in the marketplace. Revenue recognition in SAK is regulated in PSAK 72 which is already in effect starting in 2020.
Keywords: Sale Buy, Affiliate Marketing, and Sharia Accounting.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung, M., Djunaidi, D., & Astutik, P. (2019). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Nganjuk. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 85-100.
Amriani, A., Mas’ud, M., & Amang, B. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Penggunaan Inklusi Keuangan Digital Pada Generasi Millenial di Kota Makassar. Journal on Education, 5(4), 15637-15651.
Azizah, A. N. (2022). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Aplikasi Penghasil Uang Dalam Shopee Affiliates Program Pada Aplikasi Shopee (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Eapen, A., Yeo, J., & Pallathitta, R. G. (2017). Business group affiliation and FDI spillovers. In Academy of Management Proceedings (Vol. 2017, No. 1, p. 15198). Briarcliff Manor, NY 10510: Academy of Management.
IR, A. F., Laekkeng, M., & Nur, A. N. (2023). Pengaruh Perencanaan, Koordinasi dan Pengawasan Terhadap Kinerja Keuangan pada PT. Rapid Tirta Sejahtera di Makassar. Tata Kelola, 10(1), 01-15.
Kotimah, S. (2023). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Komisi Dalam Program Tiktok Affiliate (Studi Penelitian Content Creator Tiktok Di Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Muhamim, A. (2017). Analisis Strategi Affiliate Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Butik Zoya Cabang Kedaton Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).
Musadi, C. R., Karamoy, H., & Gamaliel, H. (2017). Analisis Penerapan PSAK 23 Tentang Pendapatan Pada PT Pegadaian Cabang Megamas Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(2), 1113-1121.
Rahim, S. (2020). Aktualisasi Ajaran Islam Dalam Penerapan Akuntansi Lingkungan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(3), 683-700.
Rahman, F. (2022). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Istidlal: Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, 6(1), 24-37.
Sudarmanto, E. (2020, December). Komparasi Transaksi E-Commerce Pada Akuntansi Konvensional Dan Akuntansi Syariah. In Lppm Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf (Vol. 1, No. 1, pp. 682-689).
Usman, A. F., Mursalim, M., & Su'un, M. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah Terpilih Di Indonesia Pasca Spin Off. Journal of Accounting and Finance (JAF), 1(1), 130-143.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6340
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional