Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Di Kota Semarang
Sari
Penelitian ini bertujuan guna menganalisis dampak: 1) brand image berpengaruh pada kepuasan pelanggan, 2) kualitas produk berpengaruh pada kepuasan pelanggan, 3) persepsi harga berpengaruh pada kepuasan pelanggan, 4) kualitas layanan berpengaruh terdapa kepuasan pelanggan brand image, kualitas produk, persepsi harga dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh pada kepuasan pelanggan IndiHome di Kota Semarang. Populasi dalam pengkajian ini ialah pelanggan IndiHome yang minimal berlanggan selama 1 tahun dan sudah berkerja. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, di mana data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner kepada 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini diterapkan dengan melibatkan analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda yang dilakukan memakai perangkat lunak SPSS Statistik 26. Hasil penelitian menyiratkan bahwa: 1) brand image berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, 2) kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, 3) persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan 4) kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan 5) brand image, kualitas produk, persepsi harga serta kualitas layanan secara simultan berpengaruh pada kepuasan pelanggan.
.
Kata Kunci: Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfandy, M. A., & Aryanto, V. D. W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Provider Telkomsel Prabayar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11212–11223.
Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96–104. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6688
Bayuardie, D., Nisa, P. C., Unggul, U. E., & Jeruk, K. (2023). Hubungan Antara Emotional Intelligence , Kualitas Layanan , Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada. 02, 1–17.
Choiriah, E. N., & Liana, L. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan. Madic, September, 236–244.
Effendi, T., Maharani, S. H., & Permanasari, L. (2023). Pentingnya Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Indihome Banjarmasin. Jurnal INTEKNA, 23(1), 15–23. http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/issue/archive
Haris, D. (2018). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). Upajiwa Dewantara, 2(2), 125–139. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.3265
Hernikasari, I., Hapzi Ali, & Hadita, H. (2022). Determinasi Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Analisis Harga Dan Kualitas Produk (Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 437–450. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1004
Rahmawati, A. N., & Susilowati, L. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan IndiHome di STO Injoko Witel Surabaya Selatan). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politik, 2(3), 9–16.
Saipuloh, Y., & Surono, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Hotel The Westin Jakarta. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4441–4455.
Saputra, F., & Ali, H. (2022). Penerapan Manajemen Poac: Pemulihan Ekonomi Serta Ketahanan Nasional Pada Masa Pandemi Covid-19 (Literature Review Manajemen Poac). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 316–328. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.733
Silvia, R., & Arifiansyah, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan DI Cillo Coffee. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3((10.46306/vls.v3i2)).
Sinambela, E. A., Retnowati, E., Ernawati, E., Lestari, U. P., & Munir, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Retensi Pelanggan Bengkel Resmi Honda Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v5i1.73
Syahwi, M., & Pantawis, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Indihome (Studi Kasus pada PT. Telkom Kota Semarang). ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 3(2), 150–163. https://doi.org/10.35829/econbank.v3i2.202
Teddy & Zuliestiana. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 7(2), 5422–5428.
Wulandari, T. M., Haryanti, I., Kunci, K., Keyakinan, K. ;, & Pembelian, K. (2022). the Effect of Easy and Confidence Using E-Commerce on Online Purchase Decisions (Case Study on Using Shopee). 11(November), 477–496. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6382
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional