Pengaruh Iklan, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Belanja Online Di Shopee
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “pengaruh iklan, harga, kualitas produk dan promosi terhadap minat beli konsumen dalam belanja online di Shopee”. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee pria dan wanita dari usia 16 tahun yang pernah melakukan transaksi belanja online dengan menggunakan aplikasi Shopee. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara kebetulan. Karena jumlah populasi tidak diketahui dalam penelitian ini, maka digunakan rumus Lumenshaw untuk mendapatkan hasil dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23 dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis parsial dan simultan serta koefisien determinasi (R2). Hasil parsial (Uji T) dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Variabel harga tidak berpengaruh terhadap minat beli. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Variabel promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Secara simultan (Uji F), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen (iklan, harga, kualitas produk dan promosi) berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aditiya, I. M. (2023). E-Commerce Paling Banyak Dikunjungi Sepanjang 2023. Goodstats.Id. https://goodstats.id/infographic/e-commerce-paling-banyak-dikunjungi-sepanjang-2023-aVFg5
Albar, K., Noviyanti, H., Dewi Puspita Sari, & Ainiyatuz Zakhiroh. (2022). Pengaruh Iklan dan Brand Image MS. Glow terhadap Minat Beli Konsumen. SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 4(01), 1–12. https://doi.org/10.59636/saujana.v4i01.60
Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, 3(2012), 49. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.24
Arisandy, Y. (2018). Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Tinjauan Manajemen Syariah. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(1), 74–88. https://doi.org/10.29300/aij.v4i1.1202
Azizah. (2023). pengaruh daya tarik iklan, kualitas produk dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli di e-commerce shopee. Skripsi tidak diteritkan, Program Studi Manajemen, Universitas Putera Batam, Batam.
Azizah, A., & Sukati, I. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli di E-Commerce Shopee. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(5), 522. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/article/view/30468
Citra Aina Ulyah; Salfadri; Rizka Hadya. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Alat-Alat Kesehatan Pada PT Tirta Medical Indonesia Cabang Padang. Jurnal Matua, 3(3), 418–430.
Diven, D., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Persepsi Konsumen Terhadap keputusan Pembelian di Shopee. Jesya, 6(2), 1509–1516. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1063
Firmansyah, F. (2021). Influence of product quality, price, and promotion on purchase decision of Philips Products. Jurnal Ekonomi LLDIKTI Wilayah 1 (JUKET), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.54076/juket.v1i1.47
Fitri, S., Nasution, Z., & Simanjuntak, D. (2022). Pengaruh Harga, Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Toko khanza Aeknabara. Remik, 6(3), 408–417. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11563
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Hermawan, D. J. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Online. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(2), 100–110. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i2.848
Istijarno, A. A. (2021). Pengaruh Iklan Terhadap Kesadaran Merek Dompet Digital Dana. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 5(1), 80. https://doi.org/10.32493/frkm.v5i1.12396
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Kyle, P. W. (1982). The Impact of Advertising on Markets. International Journal of Advertising, 1(4), 345–359. https://doi.org/10.1080/02650487.1982.11104866
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756
Mayasari, H., & Patmawati. (2019). Pengaruh Iklan Internet , Celebrity Endorder dan Gaya Hidup terhadap Minat Beli pada Shopee di Kota Padang. Jurnal Manajemen Bisnis, VOL. 10 NO, 1–10. https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/543/355
Munir, A. F. (2021). Pengaruh Iklan Shopee Di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen Berbelanja Online Di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. https://repository.uir.ac.id/18433/%0Ahttps://repository.uir.ac.id/18433/1/155210893.pdf
Nabilatul Abda, E. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen Toko Vizcake Pekanbaru. JOM FISIP Edisi II Juli – Desember, 5(Edisi II Juli – Desember 2018), 1–15.
Napitupulu, R. B., Sirait, C. B., & Zega, Y. (2022). Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Darma Agung Medan. Jurnal Global Manajemen, 11(1), 40. https://doi.org/10.46930/global.v11i1.1563
Nita, D. (2021). Iklan Shopee Ini Dinilai Netizen Ikut Menyebabkan Misinformasi antara Kurir dan Pembeli saat COD. Kompas.Tv. https://www.kompas.tv/feature/180969/iklan-shopee-ini-dinilai-netizen-ikut-menyebabkan-misinformasi-antara-kurir-dan-pembeli-saat-cod
Purnama, I. (2020). Pengaruh Promosi Online Dan Endorserment Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen. Youth & Islamic Economic Journal, 1(2), 14–20. https://jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/download/76/62
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rokhmawati, H. N., Kuncorowati, H., & Supardin, L. (2022). Pengaruh Harga, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Honda Scoopy Di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 515–526.
Sadiyah, H. (2021). Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Penentu Minat Beli Konsumen. Implementasi Manajemen & Kewirausahaan, 1(2), 115–125. https://doi.org/10.38156/imka.v1i2.77
Shafira, D. T., Nasution, H. P., & Haro, J. (2021). Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee ( Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Medan ). Konferensi Nasional Sosial Dan Engineering, 525–532.
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., Solihin, E. H., Kunci, K., Online, I., Online, P., Minat, D., & Konsumen, B. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 2685–6972. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Suheri, A., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), 110–119. https://doi.org/10.56338/jks.v5i2.2250
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 304–313. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36229
Taan, H., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga … 89 e. Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89–96.
Tolan, M. S., Palleng, F. A. O., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.
Wahyuni, A., Handoko, T., & Widodo, Z. D. (2022). PENGARUH MINAT BELI MASYARAKAT TERHADAP DISKON SHOPEE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA BAGI PENGGUNA SHOPEE (Study Kasus Bagi Pengguna Shopee di Sragen). Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4), 869–879. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.454
Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Tradisional Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123–132. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1458
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6390
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional