Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan: Studi pada Perusahaan Kosmetik di Bursa Efek Indonesia

Entis Sutisna, Muh Yamin Noch, Yaya Sonjaya, Muslim Muslim

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik di bursa efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga menghasilkan enam perusahaan sub sektor kosmetik dengan periode penelitian selama lima tahun, menghasilkan total 30 unit sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, dan Analisis Regresi Linier Berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rasio likuiditas berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Solvabilitas berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Terakhir, aktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang ada dengan menguji hubungan antara kinerja keuangan dan nilai perusahaan khususnya dalam subsektor kosmetik di Indonesia. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi para praktisi industri dan pembuat kebijakan dalam memahami faktor-faktor yang berkontribusi terhadap nilai perusahaan manufaktur di industri kosmetik.

 

Kata Kunci: Rasio likuiditas; Profitabilitas; Solvabilitas; Aktivitas; Nilai Perusahaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, H., & Mappatompo, A. (2018). Capital Ownership Structure and Decision on Financial Market Reaction and Corporate Value. 3(9), 447–456.

Bui, T. D., Ali, M. H., Tsai, F. M., Iranmanesh, M., Tseng, M.-L., & Lim, M. K. (2020). Challenges and trends in sustainable corporate finance: A bibliometric systematic review. Journal of Risk and Financial Management, 13(11), 264.

Davcik, N. S., & Sharma, P. (2016). Marketing resources, performance, and competitive advantage: A review and future research directions. Journal of Business Research, 69(12), 5547–5552.

Gregory, A. P. R., Whittaker, J. M., & Yan, X. (2016). Corporate Social Performance, Competitive Advantage, Earnings Persistence and Firm Value. SPGMI: Compustat Fundamentals (Topic). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:155245728

Hardiwinoto, H., Sukesti, F., & Ethica, S. N. (2021). Investment Prospect of Halal Products in Indonesia: A Review. Enhancing Halal Sustainability: Selected Papers from the 4th International Halal Conference 2019, 215–234.

HASANUDDIN, R., DARMAN, D., TAUFAN, M. Y., SALIM, A., MUSLIM, M., & Putra, A. H. P. K. (2021). The Effect of Firm Size, Debt, Current Ratio, and Investment Opportunity Set on Earnings Quality: An Empirical Study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(6), 179–188.

Iancu, D., Trichakis, N., & Tsoukalas, G. (2015). Is Operating Flexibility Harmful under Debt? Corporate Finance: Valuation. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:207232721

Ivanaj, V., Shrivastava, P., & Ivanaj, S. (2018). The value of beauty for organizations. Journal of Cleaner Production. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:158096776

Malshe, A., & Agarwal, M. K. (2015). From Finance to Marketing: The Impact of Financial Leverage on Customer Satisfaction. Journal of Marketing, 79, 21–38. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:37563461

Pramesti, N. P. E., Yasa, P. N. S., & Ningsih, N. L. A. P. (2021). The Effect of Capital Structure and Sales Growth on Company Profitability and Value in the Cosmetics Manufacturing and Household Needs Manufacturing Companies. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:239056445

Reshetnikova, N., Magomedov, M., Buklanov, D., & Zakharchenko, E. (2019). The international business cooperation and its influence on enterprise financial security under globalization. The Future of the Global Financial System: Downfall or Harmony 6, 294–308.

Sardana, D., Terziovski, M., & Gupta, N. (2016). The impact of strategic alignment and responsiveness to market on manufacturing firm’s performance. International Journal of Production Economics, 177, 131–138. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:156217830




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.6394

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter