Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kredibilitas dan Kegunaan terhadap Loyalitas Pengguna BNI Mobile Banking dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening

Kurnia Himawan Sandy, Wira Bharata

Sari


Penelitian ini tentang persepsi kemudahan, kredibilitas dan kegunaan terhadap loyalitas pengguna BNI mobile banking dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi pada mahasiswa Universitas Mulawarman). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi kemudahan, kredibilitas dan kegunaan terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna BNI mobile banking dan apakah kepuasan memediasi pengaruh persepsi kemudahan, kredibilitas dan kegunaan terhadap loyalitas pengguna BNI mobile banking. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dimana dalam pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden menggunakan Google Form. Untuk jumlah sampelnya sebanyak 100 responden menggunakan metode simple random sampling dengan kriteria responden yaitu merupakan mahasiswa Universitas Mulawarman Samarinda dan menggunakan aplikasi BNI mobile banking. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Lemeshow karena populasi tidak diketahui. Adapun hasil penelitian ini adalah variabel persepsi kemudahan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas dan variabel kepuasan tidak memediasi pengaruh antara persepsi kemudahan terhadap loyalitas pengguna. Sedangkan variabel persepsi kredibilitas dan kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna. Selain itu variabel kepuasan berperan memediasai variabel persepsi kredibilitas dan kegunaan terhadap loyalitas pengguna.

 

Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Kredibilitas, Kegunaan, Kepuasan, Loyalitas Pengguna


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agnu, O., Wulandari, D., Pradiva, F. A., & Aziz, G. A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kegunaan Terhadap Kepuasan Dalam Membangun Loyalitas Pengguna OvoJurnal Manajemen dan Bisnis: Performa Vol. 17, No. 2 September 2020. 17(2), 1–9.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Ayu Purwati, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Terhadap Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah. 3(4), 243–249.

Aziz, A., & Harti, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kegunaan, dan Kredibilitas terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna E-Wallet Dana. 06(1), 1–17.

D . R . Londa ., F . G . Worang ., F. . V. . A. . (2022). THE INFLUENCE OF PERCEIVED CREDIBILITY , PERCEIVED EASE OF USE , AND PERCEIVED USEFULNESS TOWARD CUSTOMER SATISFACTION IN USING BSGTOUCH Jurnal EMBA Vol . 10 No . 4 Oktober 2022, Hal . 934-945. 10(4), 934–945.

Dary Nugraha Gotama Putra, S. T. R. (2021). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan, dan Persepsi Manfaat Terhadap Loyalitas Pengguna dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Meileny, F., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.7934

Pradini, K. T., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bca, Bni, Bri. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(10), 859. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p04

Ramadhanayanti, D. A., Suliawan, G. N., Limesa, M., & Murwani, I. A. (2022). The Impact of Founder’s Perceived Credibility in Social Media on Customer-Brand Engagement to Improve Customer Satisfaction and Brand Loyalty in Indonesian Fashion SMEs. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(2), 9134–9147.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Veonnita, R., & Rojuaniah, R. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan, kegunaan dan kepuasan terhadap loyalitas melalui kepercayaan nasabah pengguna mobile banking BCA. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(1), 68–78. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i1.258




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6406

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter