Pengaruh Lingkungan Fisik, Persepsi Nilai, Motivasi, Variasi Produk, Harga dan Sikap Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Kopi Kenangan di Kota Tangerang

Aprilianti Rahma Utami, Nova Anggrainie

Sari


Kesuksesan merek kedai kopi saat ini, menjadikan Kopi Kenangan resmi menyandang gelar startup unicorn di bidang makanan dan minuman pertama di Asia Tenggara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan fisik, persepsi nilai, motivasi, variasi produk, harga dan sikap konsumen terhadap minat beli ulang Kopi Kenangan di Kota Tangerang. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik yang terdiri dari 3 asumsi dasar yaitu normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Setelah itu dilakukan uji regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 210 responden. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi nilai, variasi produk, harga dan sikap konsumen berpengaruh secara parsial terhadap minat beli ulang, sedangkan lingkungan fisik dan motivasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli ulang Kopi Kenangan di Kota Tangerang. Secara simultan lingkungan fisik, persepsi nilai, motivasi, variasi produk, harga dan sikap konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang Kopi Kenangan di Kota Tangerang. Selain itu diperoleh bahwa nilai Adjusted R Square adalah 0.726. Hal ini menunjukkan bahwa keenam variabel independen tersebut mampu menjelaskan sebesar 72.6%, sedangkan 27.4% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Harga, Lingkungan Fisik, Minat Beli Ulang, Motivasi, Persepsi Nilai, Sikap Konsumen, Variasi Produk.

 

Abstract

The success of the current coffee shop brand has made Kopi Kenangan officially the first unicorn startup in the food and beverage sector in Southeast Asia. The purpose of this study was to determine and analyze the influence of the physical environment, perceived value, motivation, variation of product, price and consumer attitudes towards repurchase intention of Kopi Kenangan in Tangerang City. The sampling method in this study is non probability sampling with accidental sampling technique. The analytical method used in this research is validity test, reliability test, and classical assumption test which consists of 3 basic assumptions, namely normality, multicollinearity, and heteroscedasticity. After that, multiple linear regression test, F test, and t test were performed. The data used in this study using a questionnaire instrument and valid data collected as many as 210 respondents. The testing tool used is SPSS version 25. The results showed that the perception of value, product variations, price and consumer attitudes partially influenced the intention to repurchase, while the physical environment and motivation did not partially affect the repurchase intention Kopi Kenangan in Tangerang City. Simultaneously the physical environment, perceived value, motivation, variation of product, price and consumer attitude affect the repurchase intention Kopi Kenangan in Tangerang City and consumer attitudes as the most dominant factor. In addition, it is obtained that the value of Adjusted R Square is 0.726. This shows that the six independent variables are able to explain 72.6%, while the remaining 27.4% is explained by other variables that are not used in this study.

 

Keywords: Consumer Attitude, Motivation, Perceived Value, Physical Environment, Price, Repurchase Intention, Variation of Product


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrar, K., Zaman, S., & Satti, Z. W. (2017). Impact of online store atmosphere, customized information and customer satisfaction on online repurchase intention. GMJACS, 7(2), 13-13.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Arry Widodo, Andreas Dwijayanto. 2020. Pengaruh Bauran 8P terhadap Keputusan Pembelian Coffee Shop Kopi Kenangan Bandung. Jurnal e-Proceeding of Management, Vol. 7. No. 2. Desember.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69.

Faradisa, Isti; Budi H, Leonardo; Minarsih, Maria M (2016), Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang (Icos Café), Journal Of Management, 2 (2)

Ferdinand A, (2002). Structural Equation Modelling Dalam Peneltian Manajemen. Edisi 2, Seri Pustaka Kunci 03/BP UNDIP.

Fitzsimmons, A. James dan Mona J. Fitzsimmons. 2011. Service Management, 7th. ed. New York: McGraw-Hill.

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Groover P, Mikel. 2010. Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process,and systems 4th Edition. London: John Wiley Sons, Inc

Hair, J.F., et al. (2010). Multivariate data analysis. (7th edition). New Jersey : Pearson Education Inc.

Hume, Margee, and Gillian Sullivan Mort. 2010. "The Consequuence of Appraisal Emotion, Service Quality, Perceived Value and Customer Satisfaction On Repurchase Intent In The Perfoming Arts." Journal of Service Marketing, 24(2) 170-182.

Indriyo, Gitosudarmo. 2011. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kresnamurti, A., Rivai, P., Rizan, M., & Wibowo, A. (2020). The Effect of Service Quality and Servicescape on Behavioural Intention Intervening with Customer Satisfaction. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(12), 244-261.

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150-159.

Lovelock, C, dan John Wirtz. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif. Edisi 7. Erlangga. Jakarta.

Mendoza, E. C. (2021). A study of online customers repurchase intention using the 4Rs of marketing framework. International Review of Management and Marketing, 11(2), 1.

Mowen, J.C & Minor 2002. Perilaku konsumen. Jilid 2 Edisi 5. Terj. Dari consumen behavior, 5 Ed. Oleh Dr. Dwi Kartini Yahya, S.E., Spec.,Lic.PT. Penerbit Erlangga. Jakarta

Paramita, C., Wulandari, G. A., Maridelana, V. P., Safitri, R. N., & Maliki, Y. A. (2021, November). The Effect of Product Knowledge, Price, and Product Design on Batik Banyuwangi Repurchase Intention. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 232-240).

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. (2012). Management, Eleventh Edition, (United States of America: Pearson Education Limited).

Saputri, C. N., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet Shopeepay. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 153-163.

Suhartapa, S., & Sulistyo, A. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 115-122.

Saputra, Eric. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Indomobil Finance Cabang Malang. Skripsi. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

Schiffman, L & Kanuk, L, L. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Indeks, Jakarta.

Siswanto (2011). Pengantar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara

Soepriyanto, H. J., Christiana, M., & Harianto, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Impresi Konsumen Pada Kedai Kopi Kekinian Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 42-48.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit CV Alfabeta, Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Warda, F. (2021). Pеngaruh Persepsi Nilai dan Persepsi Resiko terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Produk Organik Nature Republic.

Yunus, A. (2014). Pengaruh kualitas produk, lokasi dan lingkungan fisik terhadap pembelian ulang pada warung kopi harapan j2 di kota palu. Katalogis, 2(7).

Yulisa, L., Indriani, Y., & Situmorang, S. (2013). Perilaku konsumsi mahasiswa Universitas Lampung terhadap kopi bubuk instan siap saji. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 1(4), 326-333.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6411

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter