Manajemen Strategi Baznas Dalam Memberdayakan Usaha Umkm Melalui Program Pemberdayaan Ekonomi Ummat (Studi Kasus Baznas Kabupaten Probolinggo)

Rohma Indrawati, Imam Bukhori, Yeni Kartikawati

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk mengetahui strategi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Probolinggo dalam memberdayakan UMKM. Badan Amil Zakat Nasioal (BAZNAS) membuat sebuah program khusus dalam memberdayakan umkm melalui program pemberdayaan ekonomi ummat. Dengan kata lain zakat yang diperuntukkan bagi mustahiq dapat digunakan sebagai modal usaha, dimana usaha yang dikembagkan oleh mustahiq pada umumnya masih berskala kecil, yang tidak terakses oleh lembaga keuangan BANK, hal ini merupakan salah satu program BAZNAS Kabupaten Probolinggo dalam mengelola zakat produktif yaitu dengan meminjamkan modal usaha tanpa bunga. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung ke lapangan. Strategi yang digunakan oleh BAZNAS dalam memaksimalkan program ini yakni dengan melakukan survey ke lapangan, pembinaan dan pembekalan kepada orang yang menerima bantuan dalam program pemberdayaan ekonomi ummat. Indikator keberhasilan BAZNAS dalam menjalankan program ini adalah ketepatan sasaran, pengarahan, dan evaluasi program agar program BAZNAS dalam memberdayakan usaha umkm dapat berjalan dengan maksimal.

Kata kunci : strategi, UMKM,  Ekonomi Ummat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARFIANTI, A. PEMBERDAYAAN EKONOMI MELALUI PROGRAM MINA PADI UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI DI DESA PANEMBANGAN KECAMATAN CILONGOK.

Billah, Z. I. T., & Maulidiyah, N. N. (2020). Strategi Peningkatan Usaha Nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro melalui Penguatan Capacity Building. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 57-72.

Alaslan, A., Daga, R., & Kartikawati, Y. (2023). Manajemen Strategis.

Arifin, M. S. (2022). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU SUMBERDAYA GURU. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(7), 699-708.

Arifin, A. G. Y., Yuana, I. Y., & Yuana, E. S. (2021). PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN ONE VILLAGE ONE PRODUCT (OVOP) DI KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU. Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen dan Keuangan Syariah, 2(2), 278-288.

Oktaviani, R. R. (2022). Strategi penyaluran dana zakat Maal melalui program pemberdayaan ekonomi umat: Studi di BAZNAS Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Muslihah, Z. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Zakat Produktif pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumenep (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6424

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter