Pengaruh Etika Pengelolaan Dan Persaingan Dalam Bisnis Online Shop
Sari
Dalam menjalankan sebuah bisnis utamanya bisnis online shop kita harus memperhatikan tentang etika dalam mengelola bisnis serta etika persaingan bisnis yang sehat sehingga tidak akan memberikan dampak yang merugikan terhadap pihak lain. Maraknya penipuan komsumen yang terjadi akibat dari kurang nya pemahaman produsen terhadap etika pengelolaan dan persaingan menjadikan mereka menghalalkan segala cara untuk meraup keuntungan walaupun dengan jalan menipu konsumen dengan dalih apa yang mereka pasarkan memiliki kualitas yang baik, namun ketika barang yang dipesan telah sampai beberapa konsumen merasa ditipu. Banyaknya bisnis dan perusahaan mulai lalai dalam beretika, bahkan penelitian terbaru telah semakin dikhususkan untuk menyelidiki masalah etika. Keadaan ini sejalan dengan kenyataan bahwa masalah etika yang ada, tidak selalu jelas dan mudah dipahami. Etika bisnis sangat terkait dengan persaingan antar pelaku usaha di dunia bisnis dan ekonomi adalah sebuah keharusan. Persaingan usaha dapat diamati dari dua sisi, yaitu sisi pelaku usaha atau produsen dan sisi konsumen. Dari sisi produsen, persaingan usaha berbicara mengenai bagaimana perusahaan menentukan strategi bersaing, apakah dilakukan secara sehat atau saling mematikan.
Kata Kunci : Etika, Pengelolaan, Persaingan, Bisnis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Aidaros, Al-Hasan, dkk, “Ethics and Ethical Theories from an Islamic Perspective,” International Journal of Islamic Thought, vol. 4. Desember 2013.
Alma, Buchori. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, (Bandung:Alfa Beta, 2000).
Aswar , Adhiwarman Karim. 2001. Ekonomi Islam; Suatu Kajian Kontemporer. Jakarta: Gema Insani Press.
Badrun, Faisal. 1996. dkk. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta : Kencana Press.
Capra, Umer. Islam dan Tantangan Ekonomi, (Jakarta : Gema Insani Pers, 2000).
Djakfar, Muhammad. Agama, Etika dan Ekonomi, (Malang : UIN Malang Pers, Cet. Ke-1, 2007).
H, Faisal Basri & Dendi Ramdani. 2001. Kebijakan Persaingan di Era Otonomi ; Peranan KPPU. Jakarta : Departemen Perindustrian dan Perdagangan.
Hafriana, N., Yusuf, N., & Mahmud, M. (2024). Etika Dan Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Biru Kab. Bone). YUME: Journal of Management, 7(1), 422-429.
Hirmawati Fanny Tainpubolon, Etika Bisnis Pelaku Usaha Yang Merugikan Konsumen Dalam Hukum Persaingan Usaha, Jurnal Program Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia,Vol 1 (1),2020; 274-280
Kartajaya, Hermawan & Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, (Bandung: Mizan, 2006).
Khan, Muhammad Akram, Types of Business Organisation in an Islamic Economy, An introduction to Islamic Economics & Finance. Kuala Lumpur: CERT Publication SDN, BHD., 2008.
Kurniawan, Susetyo Eko. 2004. X-File : Menguak Tabir Mahasiswa. Jakarta : Eco Press.
Mubarok, Muhammad Husni, Strategi Korporat & Persaingan Bisnis dalam Meraih Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Idea Press, 2009.
Muslich, Etika Bisnis Islam, (Jakarta:Ekonisia, 2004).
Muslich. Etika Bisnis Islam. Cet I Jakarta: Ekonisia, 2004.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo, 2013.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. 2008. Ekonomi Islam. Jakarta : Rajawali Pers.
Sukarmi, 2002. “Regulasi Antidumping Di Bawah Bayang-Bayang Pasar Bebas”. Sinar GRafika.
W, Yogiswara Karishma dan Tika Widiastuti, etika bisnis islam dalam pengelolaan bisnis di pesantren mukmin mandiri, Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 4 No. 6 Juni, 2017.
Wiroso, Akuntansi Transaksi Syariah. Jakarta: IAI, 2011.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6441
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional