Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Keamanan, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana

Ferdryawan Jun Mustofan, Lintang Kurniawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan, persepsi risiko dan fitur layanan terhadap minat menggunakan e-wallet pada aplikasi dana  pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menempuh semester 5 dan 7. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian memberikan bukti empiris bahwa variable persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan e-wallet pada aplikasi DANA, sedangkan variabel persepsi keamanan dan fitur layanan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-wallet pada aplikasi DANA.

Kata Kunci: e-wallet, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko, persepsi keamanan, fitur layanan, DANA

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layananterhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Ali, A. A., Abbass, A., & Farid, N. (2020). Factors Influencing Customers’ Purchase Intention in Social Commerce. International Review of Management and Marketing, 10(5), 63–73. https://doi.org/10.32479/irmm.10097

Chhonker, M. S., Verma, D., & Kar, A. K. (2017). Review of Technology Adoption frameworks in Mobile Commerce. Procedia Computer Science, 122, 888–895. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.451

Damar, A. M. (2021). Survei: DANA Jadi Dompet Digital dengan Pertumbuhan Jumlah Pengguna Paling Pesat. https://www.liputan6.com/tekno/read/4709582/survei-dana-jadi-dompet-digital-dengan-pertumbuhan-jumlah-pengguna-paling-pesat

Desita, W., & Dewi, G. A. K. R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet). Jurnal Akuntansi Profesi, 13(01), 115–124.

Endriyanto, R., & Indrarini, R. (2022). Pengaruh Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Linkaja (Studi Kasus di Surabaya). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n1.p67-80

Ericaningtyas, R. B., & Minarso, B. (2022). ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM MINAT PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN E-WALLET DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang). JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Auditing), 2(2), 1–20. https://doi.org/10.56696/jaka.v2i2.5412

Ghozali Imam. (2018). Aplikasi analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&cluster=11086144504379246298

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pengaruh Privasi dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Payment Fintech. Jurnal Kajian Akuntansi, 4(1), 52. https://doi.org/10.33603/jka.v4i1.3322

Jesuthasan, S., & Umakanth, N. (2021). Impact of Behavioural Intention on E-Wallet Usage During Covid-19 Period: A Study from Sri Lanka. Sri Lanka Journal of Marketing, 7(2), 24–48. https://doi.org/10.4038/sljmuok.v7i2.63

Jogiyanto. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta : Andi, 2007. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=639

Jusuf, D. I. (2018). Perilaku Konsumen Di Masa Bisnis Online. Andi. https://www.accessebookpages.com/full/perilaku-konsumen-di-masa-bisnis-online/

Kesuma, P., & Nurbaiti, N. (2023). Minat Menggunakan E-Wallet Dana Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Medan. Jesya, 6(1), 694–703. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.979

Khoiriyah, S. U., Zulkarnnaeni, A. S., & Halim, M. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan terhadap Minat Menggunakan Financial Technology pada Aplikasi Dana. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 9(1), 70–79. https://doi.org/10.38204/jrak.v9i1.950

Kotler, P. K. K. L. (2006). Marketing Management. Pearson Prentice Hall, 2006. https://books.google.co.id/books/about/Marketing_Management.html?hl=id&id=NP0zkgEACAAJ&redir_esc=y

Muhammad, N. (2023). E-Wallet, Metode Pembayaran Digital yang Paling Banyak Digunakan Warga RI saat Belanja Online. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/20/e-wallet-metode-pembayaran-digital-yang-paling-banyak-digunakan-warga-ri-saat-belanja-online

Naurah, N. (2023). E-wallet Jadi Metode Pembayaran Terpopuler di Indonesia 2022, Ini Potensinya Pada 2025 Mendatang. https://goodstats.id/article/e-wallet-jadi-metode-pembayaran-terpopuler-di-indonesia-2022-ini-potensinya-pada-2025-mendatang-FOnnm

Pebriantie, D., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. Economic and Digital Business Review, 4(1), 91–98.

Pratnyawan, A. (2021). Tren Pembayaran Digital Indonesia 2021: eWallet Tumbuh Pesat saat Pandemi. https://www.hitekno.com/internet/2021/12/15/205041/tren-pembayaran-digital-indonesia-2021-ewallet-tumbuh-pesat-saat-pandemi

Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 88–106. https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6

Rahmawati, Y. D., Yuliana, R., Tinggi, S., Bank, I. E., & Jateng, B. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa Stie Bank Bpd Jateng. Econbank, 2(2), 157–168. https://www.liputan6.com

Sari, M. A. L. R. V. R. (2020). ANALISA PENGARUH DAYA TARIK PROMOSI, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-WALLET (STUDI KASUS PRODUK GOPAY DAN LINK AJA PADA MASYARAKAT PENGGUNA DI WILAYAH JABODETABEK. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 109–118. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2491

Shaliza, A., Masrina, M. S. N., Halim, K. S., Rabiatul, A. M., & Shahzrul, A. R. E. (2019). The E-wallet Usage as an Acceptance Indicator on Financial Technology in Malaysia. Seccion General, 4(21), 45–52.

Sofyan, M. (2015). Dampak Kebijakan E-Money Di Indonesia Sebagai Alat Sistem Pembayaran Baru. Jurnal Akuntansi UNESA, 3(2), 1–21.

Syafiq, R. A. (2023). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, FITUR LAYANAN, TRANSPARANSI, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI APLIKASI BANK ALADIN SYARIAH. 01, 1–23.

Tjiptono, Fandy; Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi. https://onesearch.id/Record/IOS2862.UNMAL000000000043287

Utami, M. C. (2019). Implementasi Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dalam Pemilihan E-Wallet Untuk Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Matrik, 21(3), 259–265. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v21i3.730

Utami, R. A., & Irwansyah, I. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi E-Wallet Dana Di Kota Samarinda. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 11(2), 60. https://doi.org/10.20527/jbp.v11i2.14994

Van Tuan, P., & Dung, D. Van. (2021). Effect of Perceived Risk, Perceived Value to Intention to Use Momo E-Wallet. Gyanshauryam, International Scientific Refereed Research Journal, 4(1), 50–60. https://doi.org/10.32628/GISRRJ21327

Yosidora, A. (2022). Profil DANA, Dompet Digital Bagian Grup Emtek dan Sinarmas. https://katadata.co.id/intannirmala/ekonopedia/623835fd7de77/profil-dana-dompet-digital-bagian-grup-emtek-dan-sinarmas




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6511

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter