Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Es Teh Jadoel (Studi Kasus Pada Konsumen Es Teh Jadoel Di Majalengka)
Sari
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan cita rasa terhadap kepuasan konsumen dalam konteks Es Teh Jadoel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Es Teh Jadoel di beberapa lokasi. Penelitian ini mengambil sampel dari 111 responden yang dipilih secara acak. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (kualitas pelayanan, persepsi harga, dan cita rasa) dan variabel dependen (kepuasan konsumen). Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Es Teh Jadoel. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan, semakin tinggi juga tingkat kepuasan konsumen. Selain itu, persepsi harga juga memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Semakin tinggi persepsi harga yang tinggi, semakin rendah tingkat kepuasan konsumen. Terakhir, ditemukan bahwa cita rasa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Semakin baik cita rasa Es Teh Jadoel, semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen. Temuan ini menunjukkan betapa pentingnya kualitas pelayanan, persepsi harga, dan cita rasa dalam mempengaruhi kepuasan konsumen Es Teh Jadoel. Oleh karena itu, manajemen Es Teh Jadoel harus memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen, mengelola persepsi harga yang sesuai, dan menjaga konsistensi cita rasa produk mereka guna meningkatkan kepuasan konsumen.
Keyword: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa, Kepuasan Konsumen, Es Teh Jadoel.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amanah, D. (2010). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada majestyk bakery & cake shop cabang HM Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis, 2(1), 71–87.
Drummond, K. E., & Brefere, L. M. (2021). Nutrition for foodservice and culinary professionals. John Wiley & Sons.
Handoko, T. H. (2008). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia.
Hardiyati, R., & KHASANAH, I. (2010). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa penginapan (villa) agrowisata kebun teh pagilaran. UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 36791.
Hermawan, M. D. R., Arisman, A., & Pauzy, D. M. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Showroom Mobil Surya Medal Group di Kabupaten Tasikmalaya. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 72–78.
Kharista, R. N., & Hadisuwarno, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan di Mr. Keen Laundry. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(6), 458–470.
Laela, E. (2021). Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Ciganea Purwakarta. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 180–186.
Musfirah, R., Syarif, N., & Harisa, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Tuku di Pasar Santa. Jurnal Bisnis Digital Dan Enterpreneur (BISENTER), 1(2), 110–114.
Nur Wahyuningsih, S. E. (2021). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ROCKET CHICKEN KOTA BIMA. JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 2(5), 175–185. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss5pp175-185
Pangesti, E. N., Resmi, S., & Utami, A. M. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Gunungkidul. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 16–26.
Rizky, M. H., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Lokasi Terhadap keputusan Pembelian Rumah Kpr Subsidi. Jurnal SALMAN (Sosial Dan Manajemen), 4(3), 176–192.
Solling Hamid, R. (2019). Pengantar Statistika Untuk Bisnis Dan Ekonomi Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25. CV. AA. RIZKY.
Syafiudin, A. I., Rizal, M., & Athia, I. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Suasana Cafe, Lokasi, Dan Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 830–840.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6614
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional