Pengaruh Customer Review Dan Influencer Endorsement Terhadap Purchase Intention Pada Produk The Originote Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi

Devie Fenolychia, Soepatini Soepatini

Sari


Studi ini mempunyai maksud untuk menganalisa pengaruh Customer Review serta Influencer Endorsement Terhadap Purchase Intention Pada Produk The Originote Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi. Studi ini menerapkan metode kuantitatif dengan penggunaan teknik sampling probability, khususnya metode purposive sampling, untuk mengambil sampel. Data primer yang dipergunakan diperoleh melalui pengisian kuesioner yang dibagikan melalui Google Form pada 100 responden yang termasuk mahasiswa di daerah Solo Raya. Untuk memprediksi serta mengeksplorasi model-model kompleks pada data, dipergunakanlah teknik analisa PLS-SEM, yang memberikan fleksibilitas pada syarat-syarat analisa. Analisa data dijalankan mempergunakan metode PLS dengan memanfaatkan perangkat lunak SMARTPLS. Hasil studi ini memperlihatkan Customer review memberikan dampak negatif tidak signifikan pada  purchase intention. Influencer endorsement memberikan dampak positif serta signifikan pada  purchase intention Trust tidak memoderasi hubungan customer review serta influencer edorsement terhadap purchase intention.

 

Kata Kunci: Customer Review; Influencer Endorsement; Purchase Intention; Trust


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainun, H., & Tantra, T. (2023). Pengaruh Customer Review dan Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi Pada Produk Skincare Serum Somethinc. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 201–212. https://doi.org/10.32502/jimn.v12i2.6117

Chetioui, Y., Benlafqih, H., & Lebdaoui, H. (2020). How fashion influencers contribute to consumers’ purchase intention. Journal of Fashion Marketing and Management, 24(3), 361–380. https://doi.org/10.1108/JFMM-08-2019-0157

Dwidienawati, D., Tjahjana, D., Abdinagoro, S. B., Gandasari, D., & Munawaroh. (2020). Customer review or influencer endorsement: which one influences purchase intention more? Heliyon, 6(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05543

Hariyanto, halila titin, & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee Halila. JURNAL TEKNIK ITS, 9(2), 2301–9271.

https://doi.org/10.1145/1133890.1133898

Hedro, H., & Keni, K. (2020). eWOM dan Trust sebagai Prediktor terhadap Purchase Intention: Brand Image sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 765. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9590

Helbert, J. J., & Ariawan, I. G. S. P. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement Vs. Influencer Endorsement Vs. Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Pada Produk Skincare. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2). https://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/

Hermansyah, T., Syariah, F. E., Qolbi, N., & Syariah, F. E. (2023). Pengaruh Pembayaran Cod ( Cash On Delivery ) Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Shopee. 2(1), 35–42.

Juanda, F., & Sondang, Y. (2014). Analisa Pengaruh Visibility , Credibility , Attraction , Dan Power Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Bedak Marcks Venus. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8.

Lien, C., Wen, M., Huang, L., & Wu, K. (2015). Online hotel booking : The effects of brand image , price , trust and value on purchase intentions. Asia Pacific Management Review, 20(4), 210–218. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2015.03.005

Mehyar, H., Saeed, M., Baroom, H., Afreh, A. L. I. A., & Al-adaileh, R. (2020).

Definition purchasing intention. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98(02).

Mufid Suryani, Nida Nusaibatul Adawiyah, & Erlin Beliya Syahputri. (2022).

Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i1.416

Muhiban, A., & Putri, E. K. (2022). Pengaruh Tampilan Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di PT. Gucci Ratu Textile Kota Cimahi). Jurnal EMT KITA, 6(2), 249–266. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.633

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Putri, N. Z., & Widodo, T. (2022). Analisis Pengaruh Customer Review dan Influencer Review Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Purchase Intention Pada E-Commerce (Studi Pada Tokopedia). E-Proceeding of Management, 9(3), 1308–1315.

Rinaja, A. F., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Word of Mouth, and Price Consciousness Terhadap Minat Beli Di Shopee. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(3), 435–448. https://doi.org/10.37606/publik.v9i3.345

Rokhim, L. N., & Riyanto, K. (2024). The Influence of Brand Image and Celebrity Endorsers on Sales of Skincare Products The Originote. 01(03), 66–71.

Setyoparwati, I. C. (2019). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Konsumen Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada E- Commerce Di Indonesia. Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 111–119. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp111-119

Sindunata, I. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di agoda.com. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138.

Siregar, F. P. T., & Nainggolan, N. P. (2023). Pengaruh Endorsement Influencer dan Store Atmosphere Terhadap Kelutusan Pembelian Konsumen Pada G- COFFEE BATAM. ECo-Fin, 5(3), 174–184. https://doi.org/10.32877/ef.v5i3.797

Sugiharto, N. A., Nurhayati, N., & Madani, F. (2021). Pengaruh Reputasi Dan Online Customer Review Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen

( Survey Pengunjung Tokopedia ). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(2), 1–13.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan.

Syarifudin, F. G., & Achmad, N. (2024). Pengaruh Influencer Endorsement Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Pada Klinik Kecantikan Ella Skincare Dengan Trust. 13, 171–190. Https://Doi.Org/10.34127/Jrlab.V13i1.1028




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6619

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter