PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KEGIATAN FESTIVAL UMKM DI DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA BANDUNG

Dewi Umayani, Arif Yusuf Hamali

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan pada Kegiatan Festival UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, bertujuan untuk mengetahui korelasi bauran promosi dan kepuasan pelanggan, serta untuk menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Kegiatan Festival UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung.  Responden pada penelitian ini sebanyak 56 orang, yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel jenuh atau sensus.  Metode yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif, yang menguji pengaruh variabel bebas dan variabel terikat menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment, dan juga dilakukan pengujian untuk menentukan akurasi pengukuran menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.  Hasil uji validitas dan reliabilitas variabel X dan Y semuanya menyatakan valid dan reliabel. 

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran promosi berada dalam kategori baik, dan kepuasan pelanggan berada dalam kategori baik.  Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi bauran promosi terhadap kepuasan pelanggan pada  Kegiatan Festival UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, dan berdasarkan interpretasi korelasi Pearson Product Moment  maka hubungan ini berada dalam hubungan yang cukup kuat.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti: terdapat pengaruh bauran promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Kegiatan Festival UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung.

 

Kata Kunci: Bauran Promosi, Kepuasan Pelanggan.

 

ABSTRACT

 

This research was conducted at Festival Activity of Micro Small Medium Business in Agency of Cooperative and Micro  Small Medium Business of Bandung City, aimed to know the correlation of promotion mix and customer satisfaction, and also to analyze the influence of promotion mix  to customer satisfaction at Festival Activity of Micro Small Medium Business in Agency of Cooperative and Micro Small Medium Business of Bandung City.  Respondents of this research are 56 people,  selected using saturated or census sampling technique.  The method use is descriptive and associative, which tests the influence of dependent and independent variables using Pearson Product Moment correlation analysis, and also done to determine the accuracy of measurement using validity and reliability test.  Result of the validity and reliability test of variables X and Y  express all valid and reliable.

 

The result showed that promotion mix at Festival Activity of Micro Small Medium Business in Agency of Cooperative and Micro  Small Medium Business of Bandung City is in the category of good and customer satisfaction is in the category of good.  Results showed there is the correlation of promotion mix to customer satisfaction at Festival Activity of Micro Small Medium Business in Agency of Cooperative and Micro  Small Medium Business of Bandung City, and based on the interpretation of Pearson Product Moment correlation, this relationship is in the criteria of strong enough.  The result showed that the hypothesis is proved: there is the influence of promotion mix to customer satisfaction at Festival Activity of Micro Small Medium Business in Agency of Cooperative and Micro Small Medium Business of Bandung City.

 

Keywords: Promotion Mix, Customer Satisfaction.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Andriani, V., dan Realize. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Stainlessindo Anugrah Karya di Kota Batam, Jurnal Pundi, 2(2), Hal: 169-180.

Aulijaa, A., Sasmita, E.M., dan Sari, B. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome PT Telkom Indonesia Jakarta Timur, Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 3(1), Hal: 71-79.

Devila, R., Ma’mun, S., dan Ansar. (2017). Marketing Mix: Effect of Service Quality and Customer Behavior on Loyalty. The Mediating Role of Customer Satisfaction, Journal of Research in Business and Management, 4(12), Hal: 73-78.

Edyansyah, T. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepercayaan Merek Oleh Konsumen Pada Produk Kosmetik Oriflame Di Kota Lhokseumawe, Jurnal Manajemen dan Inovasi, 9(1), Hal: 55-72.

Juniantara, I.M.A., dan Sukawati, T.G.R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen, E-Jurnal Manajemen Unud, 7(11), Hal: 5955-5982.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-13 Jilid 1. Edisi Indonesia. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

--------------------------------. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-13 Jilid 2. Edisi Indonesia. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Koyong, T.F., Tumbel, A.L., dan Sepang, J.L. (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Novotel Manado Golf Resort & Convention Center, Jurnal EMBA, 4(2), Hal: 768-777.

Listiawati, Afriani, R.I., dan Solehan, T. (2017). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT Indomaret Suralaya, Merak-Banten, Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 10(2), Hal: 256-270.

Marlina, D., Wardi, Y., dan Patrisia, D. (2019). Effect of Marketing Mix on Customer Satisfaction and Loyalty PT TIKI Padang Branch, Advances in Economics, Business and Management Research, Vol. 64, Hal: 893-900.

Naibaho, E.R., Fauzi, A., dan Sadalia I. (2020). The Effect of Marketing Mix on Satisfaction of Customer Insurance Products Unit Link (Empirical Study in PT AIA Financial Branch Phoenix Medan), International Journal of Research and Review, 7(2), Hal: 47-55.

Riduwan dan Kuncoro, E.A. (2011). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Rasmansyah. (2017). The Effect of Service Quality and Promotion to Customer Satisfaction and Implication of Customer Loyalty in Vehicle Financing Company in Jakarta Indonesia, International Journal of Advanced Scientific Research, 2(6), Hal: 22-30.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

------------ . (2018). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Simangunsong, B., Sitompul, D., dan Sadalia, I. (2018). The Effect of Marketing Mix on Loyalty Through Customer Satisfaction in PT Merck Tbk Cabang Medan, Knowledge Engaging Minds, 2018, Hal: 486-496.

Sentiana, S.S. (2018). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan, Widya Cipta, 2(2), Hal: 247-254.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: ANDI.


Article Metrics

Sari view : 70 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.2568/yum.v3i2.676

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter