Efektivitas Strategi Iklan Online dan Interaksi Sosial dalam Mempengaruhi Niat Pembelian Gen Z

Hartiny Pop Koapaha, Ryan Ardent Arya

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi periklanan online dan interaksi sosial dalam mempengaruhi niat beli Gen Z. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif, dimana data primer dikumpulkan melalui survei terhadap 259 mahasiswa aktif yang belajar di Universitas Klabat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan program statistik SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi periklanan online dan interaksi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Oleh karena itu, strategi periklanan online yang efektif dan interaksi sosial yang terjalin dengan baik akan berdampak pada minat beli Gen Z.

 

Kata Kunci: Interaksi Sosial, minat beli, strategi iklan online


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainah, Sari, F. maya, Huda, N. ui, Anisa, N., Halisah, N., & Setyaningrum, septhantry dwi. (2023). Dampak Media Sosial Dalam Berbahasa Terhadap Perilaku Keberagamaan Generasi Z. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1, 159–170. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/article/view/55/66

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan teknologi informasi komunikaasi / ICT dalam berbagai bidang. Jurnal Fakultas Teknik, 10(2), 39–46.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Islam, J. E., Mahliza, I., Husein, A., Gunawan, T., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Analisis strategi pemasaran online. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250–264. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v1i3.98

Istiqomawati, R., Priyo Nugroho, A., Paramita, T., & Yogyakarta, S. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial, Interaksi Sosial dan Kepercayaan terhadap Niat Beli Konsumen pada Media E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.56393/investasi.v2i1.1302

Mahyarni, M. (2013). Theory of reasoned action and theory of planned behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17

Maulidah, F., & Russanti, I. (2021). Faktor–faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap pakaian bekas. E-Journal, 10(3), 62–68. http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/820

Mutiasari, A. I. (2020). Perkembangan Industri Perbankan Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(2), 32–41. https://doi.org/10.47942/iab.v9i2.541

Nurdiyanto, A. D., & Malik, D. L. (2019). Peran Efektivitas Iklan Dalam Memediasi Daya Tarik Iklan Dan Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Sport Honda. Prima Ekonomika, 10(1), 1–16. http://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/download/54/39

Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019). Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha. https://doi.org/10.31227/osf.io/4m7kz

Sanjaya, A., & Rusdi, I. (2017). Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kesepian Pada Lanjut Usia. Jurnal Keperawatan Bina Sehat, 14(2), 26–31.

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99

Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.115

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Subowo, A. T. (2021). Membangun Spiritualitas Digital bagi Generasi Z. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 5(2), 379–395. https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.464

Udayana, ida bagus nyoman, & Utami, rahmah esti. (2022). Pengaruh Dampak Modal Structural dan Interaksi Sosial pada Niat Beli Pelanggan Dalam Produk Kosmetik MS Glow di Yogyakarta. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(14), 171–178. https://doi.org/10.47476/reslaj.v5i3.1683

Utari, D. A. (2020). Pengaruh daya tarik iklan online terhadap keputusan pembelian produk cetaphil gentle skin cleaser. In Malaysian Palm Oil Council (MPOC) (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Wahyuni, K., Aditya, E. M., & Indarti, I. (2021). Pengaruh Leverage, Return On Assets dan Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Publik di Indonesia. Management & Accounting Expose, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.36441/mae.v2i2.103




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6889

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter