Pengaruh Penerapan Prinsip Good Corporate Governance dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Masyarakat melalui Kepuasan Kerja Pegawai pada Kantor Pengadilan Tinggi Makassar

Kasmawati Kasmawati, Muspa Muspa, Rachman Suwandaru

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) terhadap kepuasan kerja pegawai dan kepuasan masyarakat, serta pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai dan kepuasan masyarakat pada Kantor Pengadilan Tinggi Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam menjawab masalah penelitian, serta melibatkan 115 responden, baik dari pegawai Pengadilan Tinggi Makassar dan dari masyarakat pengguna layanan kantor Pengadilan Tinggi Makassar. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation modeling dengan pendekatan partial least square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan GCG berpengaruh positif siginifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, budaya organisasi berpengaruh positif siginifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, penerapan GCG berpengaruh positif siginifikan terhadap kepuasan masyarakat, budaya organisasi berpengaruh positif siginifikan terhadap kepuasan masyarakat, kepuasan kerja pegawai berpengaruh positif siginifikan terhadap kepuasan masyarakat, penerapan GCG berpengaruh positif siginifikan terhadap kepuasan masyarakat melalui kepuasan kerja pegawai, dan budaya organisasi berpengaruh positif siginifikan terhadap kepuasan masyarakat melalui kepuasan kerja pegawai.

 

Kata Kunci: Good Corporate Governance; Budaya organisasi; Kepuasan Kerja; Kepuasan Masyarakat

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambarwati, S. A., & Guntarayana, I. (2019). Analysis the Effect of Good Governance, Superleadership, Organizational Culture on Work Motivation and Wor Satisfaction (Study on the Industry and Trade Office of Blitar Regency). Josar, 4(1). https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/josar

Aprilia, M., & Rofiuddin, M. (2023). Prinsip good governance dan kepuasan masyarakat penerima BLT dengan kualitas pelayanan pemerintah sebagai variabel pemediasi. Journal of Managemet and Digital Business, 3(2), 83–102.

Bui, H., & Krajcsák, Z. (2024). The impacts of corporate governance on firms’ performance: from theories and approaches to empirical findings. Journal of Financial Regulation and Compliance, 32(1), 18–46. https://doi.org/10.1108/JFRC-01-2023-0012

Christsanto, J. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan terhadap Kinerja Keuangan Melalui Efek Mediasi Kepuasan Pelanggan Lembaga Keuangan Perbankan [Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya].

Damayanti, E., & Ismiyati. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kera, dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru. Economic Education Analysisi Journal, 9(1), 33–49. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37165

Desmayana, R. (2021). Analisis Penerapan Good Corporate Governance (GCG) terhadap Kepuasan Kinerja Pegawai PT. Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Fajriyanti, F., Panjaitan, N. K., & Kuswanto, S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kohesivitas Kelompok Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di PT Bank BNI Syariah. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(3), 455–465. https://doi.org/10.17358/jabm.5.3.455

Haryanto, Indrawati, M., & Muninghar. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan RS Aisyiyah Bojonegoro. Jurnal Mitra Manajemen, 5(4), 277–289. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/578/509

Ikhsanuddin, M., Syaifullah, Megawati, Saputra, E., & Anofrizen. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode OCAI Dan EUCS. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI) 11, November, 304–3012. https://doi.org/ISSN (Online ) : 2579-5406

Indrawati, A. D. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dan Kepuasan Pelanggan pada Rumah Sakit Swasta di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 7(2), 135–142.

Isaac, R. G., Zerbe, W. J., & Pitt, D. C. (2001). Leadership and motivation: The effective application of expectancy theory. Journal of Managerial Issues, 212–226.

Jeon, H., & Choi, B. (2012). The relationship between employee satisfaction and customer satisfaction. Journal of Services Marketing, 26(5), 332–341. https://doi.org/10.1108/08876041211245236

Li, Z., Crook, J., Andreeva, G., & Tang, Y. (2021). Predicting the risk of financial distress using corporate governance measures. Pacific-Basin Finance Journal, 68, 101334.

Manggarani, C. A. (2018). Benarkah Karyawan Yang Puas Akan Berimpak Pada Kepuasan Pelanggan? MODUS, 30(2), 143–157.

MENPANRB, 2021. Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara.

Mu’tayunah. (2017). Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Masyarakat dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening pada Pelayanan Umum di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Nor, R., Gani, A. J. A., Saleh, C., & Amin, F. (2022). Organizational commitment and professionalism to determine public satisfaction through good governance, public service quality, and public empowerment. International Review on Public and Nonprofit Marketing, 19(1), 191–217. https://doi.org/10.1007/s12208-021-00297-0

Nurhasanah, N., Jufrizen, J., & Tupti, Z. (2022). Pengaruh Etika Kerja, Budaya Organisasi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 245–261.

Putri, N. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di PT Pos Regional Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rezita, R. (2014). Pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja karyawan di bank Jatim Cabang Utama Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JAP), 2(2), 1–15.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. Pearson Education.

Sugiono, E., & Tobing, G. I. L. (2021). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 389–400.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sukotjo, H. (2011). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur. Jurnal Aplikasi Manajemen2, 9(2).

Tanjung, J. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai yang Berdampak pada Kepuasan Pelayanan Masyarakat (Studi Kasus pada Kantor Camat Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau). JMBT (Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan), 1(2), 141–152. https://doi.org/e-ISSN : 2715-7644 p-ISSN: 2716-2842

Utomo, K. P., Sofyanty, D., Yusuf, F., Suhardoyo, & Rukiastiandari, S. (2021). Budaya Organisasi dan Kualitas Berdampak Pada Kepuasan Public di Era Covid-19. Jurnal Administrasi Kantor, Vol.9(2), 223–234.

Utomo, K. P., & Supriyanto, S. (2020). Pengaruh Layanan Kualitas Dan Budaya Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 55–66. https://doi.org/10.37058/jem.v6i1.1428

Wahab, W. (2021). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. SUCOFINDO Cabang Pekanbaru. MAPAN: Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, Perbankan, 1(2), 127–139.

Yudo, D. A. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Perusahaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Towords Economic Recovery by Accelerating Human Capital and Digital Transformation, 52.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6928

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter