Pengaruh Efektivitas Program Desa, Kualitas Pelayanan, dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Orobatu
Sari
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas program desa terhadap kepuasan Masyarakat Desa Orobatu, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Masyarakat Desa Orobatu, pengaruh disiplin kerja terhadap kepuasan Masyarakat Desa Orobatu dan pengaruh simultan antara efektivitas program desa, kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan Masyarakat Desa Orobatu. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 332 warga Desa Orobatu sebagai responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Adapun hasil penelitian ini yaitu efektifitas program desa berpengaruh positif terhadap kepuasan Masyarakat Desa Orobatu, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan Masyarakat Desa Orobatu, disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan Masyarakat Desa Orobatu, dan efektifitas program desa, kualitas pelayanan serta disiplin kerja secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan Masyarakat Desa Orobatu.
Kata Kunci: Efektivitas Program Desa; Kualitas Pelayanan; Disiplin Kerja; Kepuasan Masyarakat; Desa Orobatu
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dalpiana, Patimah, S., & Habe, H. (2023). Pengaruh Efektifitas Kerja dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Ke-III, 1–6.
Falah, S., Subadi, W., & Noor, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. JAPB, 3(2), 697–706.
Kadhafi, M., Djaelani, A. K., & Farida, E. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Tenggulun Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(24).
Khariri, L. E., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Komunikasi Interpersonal Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 258–264.
Mayasari, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 36–44.
Nurhidayat, A., & Efendi, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik, Responsivitas Dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Balai Desa Purwosari Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 357–364.
Putri, A. H., & Husnaini, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Medan Sinembah. CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen, 2(1), 1–6.
Rivai, Veithzal. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Raja Grafindo Persada.
Saefullah, A. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 1–20.
Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194–211.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Andi.
Vellayati, W. A., & Dwihartanti, M. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di kantor balai desa rowosari kecamatan ulujami kabupaten pemalang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(2), 146–154.
Wardani, F. P., Albert, V., Mardame, J., Simanjuntak, A. S., Redian, S. A., Suherman, T., Syahid, N. H., & Dotulong, A. G. (2024). Evaluasi Efektifitas Program Kesejahteraan Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja dan Kepuasan Kerja. Innovate: Journal of Social Science Research, 4, 5822–5830.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6929
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional