Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Kota Batam

Adelia Fitri, M Khoiri

Sari


Meningkatnya penggunaan internet, banyak inovasi baru muncul dalam dunia digital. Inovasi-inovasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam berbagai aspek, termasuk dalam hal belanja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, citra merek dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian pada E-commerce Shopee di Kota Batam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan bantuan google form. Penentuan besar sampel menggunakan rumus Jacob Cohen yang berjumlah 204 responden merupakan masyarakat yang membeli produk Ms Glow di E-commerce Shopee pada wilayah Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam. Pengolahan data menggunakan program SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 2,731 > t tabel 1,972 dan nilai signifikan 0,007 > 0,05, citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 2,841 > t tabel 1,972 dan nilai signifikansi 0.005 < 0,05 serta nilai pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 7,126 > t tabel 1,972 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Secara simultan, kualitas produk, citra merek dan nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada E-commerce Shopee di Kota Batam dengan nilai f hitung 187,418 > nilai f tabel 2,65 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, R. D., & Wasino. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Solaria. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 7(1), 21–30. https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.76105

Al Adawiyah, R., & Rahardjo, B. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Terhadap Mirai’E Cafe&Resto). Budi Rahardjo Manager, 5(3), 270–275. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/MANAGER

Ependi, W. A., & Realize, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Pesan Iklan, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Marina. Jurnal Bina Manajemen, 12(1), 393–411. https://doi.org/10.52859/jbm.v12i1.377

Evan Saktiendi, Septi Herawati, Lince Afri Yenny, & Amelia Wahyu Agusti. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow di Bumi Indah Kabupaten Tangerang. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(2), 197–210. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i2.524

Febrianty, E., Pudjoprastyono, H., & Ariescy, R. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2870–2881. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4227

Hulima, J. S. P., Soepono, D., & Tielung, M. V. . (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Wardah Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 1167–1177. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34362/32290

Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan BrandTrust Terhadap Keputusan Pembelian Produk ScarlettWhitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.

Jumawar, E., & Nurmartian, E. (2022). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY INDIHOME (Pada Pelanggan Indihome Area Gegerkalong). Journal Competency of Business, 5(02), 102–111. https://doi.org/10.47200/jcob.v5i02.1094

Krisnanto, A., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Gojek di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 76.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271

Swesti Mahardini, Ida Mudafia, I., & Apricuansyah, R. (2023). Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Perbankan (JUMPA), 10(2), 1–10. https://doi.org/10.55963/jumpa.v10i2.538

Syeha Rahmawati, N., Dwikotjo Sri Sumantyo, F., & Ali, H. (2023). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepercayaa Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Lazada di Wilayah Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Terapan, 1(1), 40–53. https://doi.org/10.38035/jpmpt.v1i1.82

Tantowi, B. F., & Saino. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger (Studi di Outlet Eiger Manyar Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1076–1082.

Torano, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Mahasiswa Stimik Kreatindo Manokwari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(04), 5481–5491.

Veronika, J., & Hikmah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tempe di Kota Batam. Jurnal Ilmu Manajemen, 01(02), 210–223. http://trianglesains.makarioz.org

Maryati, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Linardi, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Online Shop Rl_Watch. Agora, 7(1).

Dewantoro, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6969

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter