Eksplorasi Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Penajam Paser Utara, mengetahui rekomendasi yang dapat diambil untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara.
Penelitian ini dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara. Pengumpulan data dengan dokumentasi dan wawancara. Jumlah informan penelitian ada 4 orang yaitu Plt. Kepala Dinas (Sekretaris) dan 3 orang Kepala Bidang. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu menganalisis nilai indeks kepuasan masyarakat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara dari tahun 2020 – 2023 dengan 9 unsur pelayanan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi konsistensi peningkatan kinerja penyelenggaraan pelayanan publik dari tahun 2020 - 2023 di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara dengan rata-rata nilai Baik (B). Terdapat 2 unsur pelayanan yang masih menjadi catatan perbaikan yaitu waktu pelayanan dan sarana dan prasarana. Waktu pelayanan dianggap lama, sehingga sering terjadi penumpukkan pengguna layanan. Keterbatasan gedung menjadikan sarana dan prasarana belum memadai, hal ini dikarenakan dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara belum mempunyai Gedung sendiri.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Peraturan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara nomor 10 tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 17 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
Taufik. (2022). Membangun Kembali Pemerintahan Pasca Pandemi COVID-19. Studi Pada Kapasitas Manajer Publik untuk Kolaborasi. T Taufik, B Setiyono, Kismartini, RS Astuti Jurnal Transformative 8, https://transformative.ub.ac.id/index.ph.
Rodiyah, I., Sukmana, H., Mursyidah, L. (2021). Pengantar ilmu Administrasi Publik. Sidoardjo: Umsida Press. 68.
Pasolong, Harbani. (2019). Teori administrasi publik. Bandung: Alfabeta. 168.
Erika Revida, S. A. (2021). Manajemen Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.
Bambang, Irawan. (2016). Kapasitas Organisasi dan Pelayanan Publik. Jakarta: Publica Press.
Depdagri-LAN. (2007). Modul Kebijakan Pelayanan Publik, Diklat Teknis Pelayanan Publik, Akuntabilitas dan Pengelolaan Mutu (Public Service Delivery, Accountability and Quality Management). Jakarta LAN.
Muhammad, Sawir. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Titik, Wijayanti, 2017, Marketing Plan Dalam Bisnis, PT Gramedia, Jakarta.
Paul & Elegba. (2017). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Dialihbahasakan oleh Damos. Jakarta: Erlangga
Fandy, Tjiptono. (2016). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alvabeta CV.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Andi, Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.
Andi, Ibrahim, M. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.
Bambang, Sumardjoko. (2015). Metodologi Penelitian Kulitatif. Surakarta: UMS.
Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm. 16.
Siyoto, S. & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Literasi Media Publishing, Yogyakarta.
Tokan, Ratu Ile. Manajemen Penelitian Guru. Jakarta: Grasindo, 2016.
Sutama, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan R&D.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6975
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional