Pengaruh Brand Image, Promotion Mix Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ice Cream "Mixue" Pada Mahasiswa Di Universitas Muslim Indonesia

A. Amanda Rizkasari R, Baharuddin Semmaila, Amir Mahmud

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, promotion mix, dan kualitas produk terhadap keputusan pemebelian produk es krim Mixue pada mahasiswa di Universitas Muslim Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mixue terhadap mahasiswa UMI, (2) Promotion mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mixue terhadap mahasiswa UMI, (3) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mixue terhadap mahasiswa UMI, dan (4) Brand image, promotion mix, dan kulaitas produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mixue terhadap mahasiswa UMI. Hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi saran baik untuk setiap pelanggan loyal dalam memutuskan suatu pembelian, perusahaan yang bersangkutan atau organisasi serupa maupun penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: Brand Image, Promotion Mix, Kualitas Produk, dan Keputusan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh minat beli pada konsumen Restoran KFC cabang khatib Sulaiman Padang.

Aditi, B., & Hermansyur, H. M. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk Dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Vol19, 64–72.

Agus, R. M. (2022). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan Hasil Laut Pada Pt. Napucinta Makassar. Jurnal Unicorn Adpertisi, 1(2), 16-22.

Ajijah, N., Harini, D., & Riono, S. B. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pelanggan pada Toko Roti Gembong Gedhe). JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(2), 43- 60.

Al Jannah, M. W., Faradita, P. A., & Adriyanto, A. T. (2023). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Majapahit. Solusi, 21(2), 518-529.

Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis (JSMB), 6, 96-104.

Ariella, I. r. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up BIsnis, 3(2), 215-221.

Azis, A. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Sim Card Telkomsel (Studi Pada Pengguna Sim Card Telkomsel Di Ampana Kota). Jurnal Ekonomi Trend, 7(1), 71-82.

Fazirah, E. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Wardah Di Kota Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(3), 246-254.

Fujiyanti, F., Jayadi, J., Hasan, S., & Haseng, K. (2022). Pengaruh Brand Equity Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Kopi Morfati. Center of Economic Students Journal, 5(2), 148-156.

Hinggo, H. T., & Nofirda, F. A. (2023). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Yongki Komaladi Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 401-413.

Mahmud, A. (2022). Peran Brand Ambassador dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Salah Satu Marketplace di Kota Makassar). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 9(2).

Mahmud, A., Wesardana, A., & Amang, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Selebgram Sebagai Endorser Terhadap Minat Beli Pada Produk Girlsneed di Kota Makassar: Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Ekonomi Global, 1(5), 307-324.

Maliha, D. W., Sari, M. N., Kahar, A., Septrizarty, R., & Asrilsyak, S. (2023). Kajian Literatur: Fenomena Viral Brand dan Dampak Pada Pembelian Mixue. Journal on Education, 6(1), 7334-7339.

Mulyani, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jam Tangan Merek Lorenzo. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 1(3), 28-43.

Murti, T. K. (2019). Pengaruh Brand Image, Promosi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 102.

Muslimin, H., Semmaila, B,. & Arfah, A. (2022). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Pisang Goreng Nugger di Kota Makassar. Journal of Management, 5(1), 170-176. hamzahmuslimingeno@gmail.com.

Novia, A. M., Semmaila, B., & Imaduddin. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan KuaLitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201-212.

Nurfitri, R., & Sudartono, T. (2023). Dampak Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Di Media Sosial Tiktok@ Anaira. Official. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(3), 2417-2425.

Nurhalim, A. D. (2020). Pengaruh Brand Image Gojek terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Efek Covid 19 Konsumen Karawaci Tegal Baru Tangerang). Jurnal Bina Manajemen Vol.9 No.1, 17- 29.

Nurlaila, N., & Nainggolan, W. N. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Pada Witel Medan. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan, 4(1), 33-43.

Oktiani, A., & Khadafi, R. (2018). Pengaruh brand awareness dan brand image serta word of mouth terhadap brand trust dan pembentukan brand loyalty pada pelanggan Cbezt Friedchiken Kecamatan Genteng Banyuwangi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(2), 269-282.

Purba, R. R. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Jurnal Mutiara Manajemen, 4(1), 273-284.

Purwaningrum, C. (2024). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Smiggle Pada Pengguna Instagram Jabodetabek. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(6), 768-779.

Rosid, A. A., Mulyana, D., & Komaludin, A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan BRIMO, Bauran Promosi dan Tingkat Persaingan Terhadap Kepuasan Nasabah: Survey Pada Nasabah Pengguna BRIMO BRI Kantor Cabang Tasikmalaya. Journal Intelektual, 2(1), 38-47.

Sabrina, N. A. P., Elpawati, E., & Nugraha, A. T. (2018). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, harga dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian Pizza Hut di Jakarta Barat. Agribusiness Journal, 12(2), 148-156.

Susilowati, I. H. (2023). Bauran Promosi Sebagai Media Komunikasi Pasca Pandemi Covid 19 pada Syuger Café. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika , 21(1).

Taufiqurrohman, R. M., & Lukiarti, M. M. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Smartphone Realme Di Kecamatan Rembang. Jurnal Mirai Management, 8(1), 32-40.

Vindiana, A. P., & Lestari, F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia. Jurakunman (Jurnal Akuntansi dan Manajemen), 16(1), 47-62.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7038

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter