Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing Pada Industri Karawo Di Kota Gorontalo

Mohamad Rinaldi Djakaria, Salim Basalamah, Annas Plyriadi

Sari


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui apakah inovasi produk memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing pada industri karawo Di Kota Gorontalo; (2) Untuk mengetahui apakah orientasi pasar memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing pada industri karawo Di Kota Gorontalo; (3) Untuk mengetahui apakah inovasi produk dan orientasi pasar memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing pada Industri karawo Di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan pembagian kuesioner sebanyak 103 responden sebagai sampel dari seluruh jumlah user sebanyak 464 Industri Karawo yang tersebar di seluruh kota Gorontalo. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS V.20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan  besaing pada industri karawo di Kota Gorontalo adalah positif dan signifikan; (2) Pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan  besaing pada industri karawo di Kota Gorontalo adalah positif dan signifikan; (3) Pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan  besaing pada industri karawo di Kota Gorontalo adalah positif dan signifikan.

 

Kata Kunci: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A., Basalamah, S., Kamase, J., & Dani, I. (2017). Innovation, market orientation and entrepreneurial competence towards competitive advantage and marketing performance of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) on seaweed processing. Journal of Crop and Weed, 13(2), 33-39.

Amin, M., Sudarwati, S., & Maryam, S. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Di Sentra Industri Mebel Desa Sembungan. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).

Anraini, A. M., Wolok, T., & yanto Niode, I. (2021). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk (Studi Empiris Pada Industri Pengolahan Makanan Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kotamobagu). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(3), 147-157.

Fatonah, S., & Haryanto, A. J. U. S. C. M. (2022). Exploring market orientation, product innovation and competitive advantage to enhance the performance of SMEs under uncertain evens. Uncertain Supply Chain Management, 10(1), 161-168.

Harjadi, D., Fatmasari, D., & Nurhasanah, A. S. (2020). Market Orientation And Product Innovation To Increase Competitive Advantages And Its Impact On Marketing Performance. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 12(1), 12-21.

Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(3), 1-9.

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The influence of market orientation and product innovation on the competitive advantage and its implication toward Small and Medium Enterprises (UKM) performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(08), 08-to.

Jannah, R., Rusdarti, R., & Prihandono, D. (2022). The Effect of Innovation, Market Orientation, and Business Environment Through Competitive Advantages on The Marketing Performance of The Weaving Industri Of Troso in Jepara. Journal of Economic Education, 11(1), 29-37.

Kurniasari, R. D. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Enceng Gondok “AKAR”. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(5), 467-477.

Lestari, R., Pradani, T., & Digdowiseiso, K. (2022). The Effects of Digital Marketing, Entrepreneurship Orientation, and Product Innovation on Competitive Advantage and Its Impact on the Marketing Performance of Talas Bolu Sangkuriang in Bogor City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 2081-2087.

Mamengko, D. G., Tawas, H. N., & Raintug, M. C. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Kawangkoan). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 486-499.

Mandung, F., Modding, B., Hasan, S., & Ella, H. (2018). Effect of market orientation, service quality and service orientation on semen tonasa customer satisfaction and loyalty in makassar city. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(12), 144-153.

Mariam, S., Putra, A. H. P. K., Ramli, A. H., & Aryani, F. (2023). Analysis of the Effect of Debt Level, Market Orientation, and Financial Literacy on Microenterprise Financial Performance: The Mediating Role of Consumer Behavior. Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 6(2), 469-494.

Oktavinus, O., Zaid, S., & Yusuf, H. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pengolahan Rumput Laut Di Wakatobi. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 5(2), 211-227.

Puspaningrum, A. (2017). The effect of market orientation and innovation on competitive advantages. Journal of Business, Economics and Finance, 4(4), 549–558.

Rezazadeh, J., Bagheri, R., Karimi, S., Nazarian-Jashnabadi, J., & Nezhad, M. Z. (2023). Examining the impact of product innovation and pricing capability on the international performance of exporting companies with the mediating role of competitive advantage for analysis and decision making. Journal of Operations Intelligence, 1(1), 30-43.

Serang, S. (2018). Influence of Product Innovation to the Advantages of Competitive in SME Processing Seaweed Through Performance, Marketing in West Beach Area, South Sulawesi Province. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(4), 795-803.

Setiawan, I. P., Basalamah, S., &Suriyanti, Z. R. 2021, The Effect of Kaizen, Innovation, and Design toward Operations Performance on MSMEs the Manufacturing Sector: The Role of Output Quality as an Intervening Variable.International Journal of Innovative Science and Research Technology ISSN No:-2456-2165.

Syukron, M. Z., & Ngatno, N. (2016). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing UMKM Jenang di Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 209-222

Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha Karawo di kota gorontalo. Jurnal bisnis dan kewirausahaan, 6(2).

Teneka, G. N. K., & Hasin, A. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing dan Implikasinya Terhadap Kinerja Pada UKM Batik di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(4), 146-167.

Tirtayasa, S, Syahrial, H., & Nofriza, B. (2022). The Effect of Market Orientation and Product Innovation on Performance-Mediated Competitive Advantage Marketing (Case Study of MSME Boutiq Women in Medan Market Center). International Journal of Applied Finance and Business Studies, 10(1), 23-30.

Udriyah, U., Tham, J., & Azam, S. J. M. S. L. (2019). The effects of market orientation and innovation on competitive advantage and business performance of textile SMEs. Management Science Letters, 9(9), 1419-1428.

Yakin, A. H., & Suhaeni, T. (2020). Peranan Orientasi Pasar dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada UMKM Lampu Gentur Cianjur. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 6(1), 15-22.

Zainul, M., Astuti, E. S., Arifin, Z., & Utami, H. N. (2016). The effect of market orientation toward organizational learning, innovation, competitive advantage, and corporate performance. Journal of Administrative Sciences and Policy Studies, 4(1), 1-19.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7046

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter