Implementasi Balance Scorecard Pada Perusahaan Jasa Konstruksi (Studi Pada PT Adhi Persada Gedung)
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan kinerja perusahaan dan untuk mengetahui serta menganalisa strategi yang dapat ditetapkan PT Adhi Persada Gedung untuk meningkatkan kinerja perusahaan di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif yang menggunakan triangulasi. Tempat penelitian ini dilakukan di salah satu perusahaan kontraktor di Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara bebas terpimpin. Informan penelitian ini adalah 6 Informan Perspektif Keuangan, Proses Bisnis Internal, Pelanggan dan Pembelajaran & Pertumbuhan dan 6 Informan Perspektif Pelanggan (pendukung). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Adhi Persada Gedung (APG) sedang berupaya meningkatkan kinerja perusahaan dengan memperhatikan pendapatan, kinerja karyawan, dan kepuasan pelanggan.PT APG memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pengelolaan aset keuangan, kepuasan pelanggan, dan efisiensi dalam proses internal. Strategi yang dapat ditetapkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan di masa depan termasuk peningkatan pendapatan, kepedulian pelanggan, penekanan pada harga yang kompetitif dan kinerja karyawan. Dengan strategi yang terintegrasi, PT APG dapat mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan tetap bersaing di industri konstruksi
Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Jasa Konstruksi, Balance Scorecard
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aryono Dian M, dkk (2021). Penilaian Kinerja Perusahaan Jasa Konstruksi PT Ganesha Praptama Karya Berdasarkan Pendekatan Metode Balance Scorecard, Ekuivalensi Jurnal Ekonomi Bisnis
Farmania, A., Elsyah, R. D., & Tuori, M. A. (2021). Transformation of CRM Activities into e-CRM: The Generating e-Loyalty and Open Innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(2), 109. https://doi.org/10.3390/joitmc7020109
Hanafi, Imam dan Dr. Sudjatno SE., MS. (2019). Analisa Balance Scorecard pada PT.PP Properti Tbk (Studi pada Proyek Begawan Apartemen Kota Malang). E-journal JIMFEB. Universitas Brawijaya. Malang
Hery (2017). Balanced Scorecard for Business. Jakarta: Grasindo
Hunt, S.D. (2011). Sustainable marketing, equity, and economic growth: a resource-advantage, economic freedom approach. Journal of the Academy of Marketing Science, 39(1), 7-20.
Iqbal, M., & Suzianti, A. (2021). New Product Development Process Design for Small and Medium Enterprises: A Systematic Literature Review from the Perspective of Open Innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(2), 153. https://doi.org/10.3390/joitmc7020153
Iqbal, S., Litvaj, I., Drbúl, M., & Rasheed, M. (2023). Improving Quality of Human Resources through HRM Practices and Knowledge Sharing. Administrative Sciences, 13(10), 224. https://doi.org/10.3390/admsci13100224
Irfan, M., Khan, S. Z., Hassan, N., Hassan, M., Habib, M., Khan, S., & Khan, H. H. (2020). Role of Project Planning and Project Manager Competencies on Public Sector Project Success. Sustainability, 13(3), 1421. https://doi.org/10.3390/su13031421
Memon, A. H., Khahro, S. H., Memon, N. A., Memon, Z. A., & Mustafa, A. (2022). Relationship between Job Satisfaction and Employee Performance in the Construction Industry of Pakistan. Sustainability, 15(11), 8699. https://doi.org/10.3390/su15118699
Pebrianata, I. W. G. S. dan Putri, I. G. A. M. A. D. (2014). Analisis komparasi kinerja berbasis Balanced Scorecard pada LPD di Kecamatan Denpasar Timur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 6(2):340-354
Putra, I. B. G. S., & Rahyuda, A. G. (2016). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Perceived Organizational Support (POS) terhadap Retensi Karyawan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2), 810–837.
Rika Wahyuni. 2017. Pengaruh Pengawasan Pimpinan, Disiplin Kerja, Penempatan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Teluk Luas Padang. Vol. 24. No.1 halaman, 129-136
Saputra, A., Muh.Firmansyah., et.al. (2022). Kinerja Perusahaan Jasa Konstruksi (Studi Kasus Pada PT. Dian Perdana Sorowako). Indonesian Journal of Business and Management, 4(2), Juni 2022, hal: 172-181
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Thoumrungroje, A., & Racela, O. C. (2022). Innovation and Performance Implications of Customer-Orientation across Different Business Strategy Types. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(4), 178. https://doi.org/10.3390/joitmc8040178
Zhang, Y., & Jin, S. (2023). How Does Digital Transformation Increase Corporate Sustainability? The Moderating Role of Top Management Teams. Systems, 11(7), 355. https://doi.org/10.3390/systems11070355
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7053
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional