Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan yang Dimediasi oleh Minat Beli pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM Abon Ikan Tuna) di Kecamatan Sinjai Utara
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen, yang dimediasi oleh minat beli pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Abon Ikan Tuna di Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen UMKM Rubons di Kabupaten Sinjai pada bulan Desember 2023, yang berjumlah 723 konsumen. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (SEM-PLS), yang terdiri dari uji model pengukuran (Outer Model) dan uji model struktural (Inner Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serta kepuasan konsumen. Kualitas produk juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan kepuasan konsumen, begitu juga dengan harga. Selain itu, minat beli juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh tidak langsung dari citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen melalui minat beli.
Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Minat Beli, Kepuasan Konsumen
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(1), 25-31.
Amang, B., Putra, P., Modding, B., & Hasan, S. (2023). The Influence of Marketing Mix, Service Quality, and Company Image on Customer Satisfaction and Loyalty in Private Banks in Parepare City. Journal for ReAttach Therapy and Developmental Diversities, 6(1), 493-506.
Asia, N., & Siangka, A. N. (2023). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli beras kita. In FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (Vol. 25, No. 3, pp. 487-495).
Chaerunnisa, T. U. A., Aliyudin, Y., Yulianto, A., Riono, S. B., & Aditia, M. D. (2023). Analisis Pengaruh Harga Produk, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Sabun Lifebuoy di Minimarket Sari Mulya Kaligangsa. JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(4), 29-42.
Dewi, R., Indriani, A., & Syam, M. (2023). Pencitraan Merek: Bagaimana Brand Image Mempengaruhi Mahasiswi dalam Keputusan Membeli Produk. YUME: Journal of Management, 6(2).
Fauzi, A. V., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 426-441.
Handayani, F. (2024). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Djos Ghandos Sragen Tahun 2023. Jurnal Ekonomi & Manajemen Bisnis, 1(01), 1-8.
Imaduddin, I., Jufriadi, J., Basalamah, M. S., & Mahmud, A. (2022). Communication Strategy In Marketing 5.0 On Purchase Decision In The Marketplace Tokopedia. JICSA (Journal of Islamic Civilization in Southeast Asia), 11(2), 181-204.
Krismonanda, F., & Iskandar, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Susu Setia Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 21(2), 36-48.
Mahardika, Y., & Jumhur, H. M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Tokopedia. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(2), 401-411.
Noor, F., Utari, W., & Mardi W., N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Pt. Salim Ivomas Pratama Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 581–594.
Putra, A. H. P. K., Sapiri, M., & Rahmi, R. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan: Studi Kasus Pada Usaha Kecil Menengah Industri Kopi di Kota Makassar. Economics and Digital Business Review, 4(2), 134-146.
Sain, A., Niha, S. S., & Amaral, M. A. L. (2023). Pengaruh Harga Psikologis, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Perempuan Pada Merek Pencuci Piring. Jurnal Inada: Kajian Perempuan Indonesia di Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar, 6(1), 1-13.
Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801-1812.
Solling Hamid, R., & Ikbal, M. (2017). Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 310–337.
Suriyanti, S., & Serang, S. (2022). Pengaruh Pemasaran Online, Harga, Pelayanan dan Etika Bisnis terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Konsumen Produk Fashion Online di Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 609-615.
Ulya, H., Zulkifli, Z., & Derriawan, D. (2023). Strategi Citra Merek dalam Meningkatkan Kepuasan (Studi Empiris Pelanggan Kopi Kenangan Jakarta Selatan). Ekobisman: Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen, 7(3), 270-285.
Yulianingsih, Y. (2024). Pengaruh Kepuasan Konsumen Berbasis Kualitas Produk The Effect Of Consumer Satisfaction Based On Product Quality. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5774-5789.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7085
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional