Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah Dan Hamil) di Kantor Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi
Sari
Permasalahan ini menunjukkan perlunya perbaikan pada sistem dan prosedur aplikasi ELSIMIL untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Studi ini mengidentifikasi dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Aplikasi ELSIMIL (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) di Kantor Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi, dengan 18 sampel. Data dianalisis dengan metode analisis kuantitatif termasuk uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji F dan T, serta Koefisien Determinasi. Analisis koefisien determinasi menunjukkan, bahwa dari lima dimensi hanya Kehandalan (X2) berpengaruh parsial signifikan pada Kepuasan Pelanggan (Y). Sementara Bukti langsung (X1), Daya tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5) tidak berpengaruh signifikan. Berdasarkan koefisien determinasi didapatkan nilai sebesar 70,8%. Kesimpulannya adalah terdapat variabel lain yang berkontribusi dalam kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan seperti komunikasi dan kompetensi sebesar 29,2%.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan; Elsimil.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Angely, G., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Service Pada PT. Astra International Tbk.-Daihatsu Malalayang. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 51–59.
Indriaty, D. R. (2010). Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien (STudi Pada Puskesmas Gunungpati Semarang). Universitas Diponegoro.
Khoirista, A. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Pelanggan FedEx Express Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(2).
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran (Edisi Kese). Penerbit Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Alih Bahas). Indeks.
Sondakh, B. R., Tampi, J. R. ., & Tumbel, T. M. (2019). Pengaruh Bukti Langsung, Kehandalan, Jaminan, Daya Tanggap dan Empati Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 101–111.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Supriyadi. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Cakrawala.
Tamara, N. I. ., Mananeke, L., & Kojo, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA, 6(4), 3523–3532.
Tjiptono, F. (2006). Manajemen Pelayanan Jasa. Andi Offset.
Utami, A. T., Ismanto, H., & Lestrai, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pasien Rawat Jalan di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Pusat Pendidikan Brigade Mobile Watukosek). JKMP, 1(1), 83–96.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7099
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional