Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kualitas Rasa Minuman Terhadap Kepuasan Pelanggan Puncak Binaraga Coffee Dan Resto

Admiral Arif Hasibuan, Yudi Prayoga, Abd Halim

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas layanan, harga, promosi, dan kualitas rasa minuman terhadap kepuasan pelanggan di Kafe Puncak Binaraga Coffee Dan Resto, Rantauprapat. Dalam industri kafe yang sangat kompetitif, kepuasan pelanggan menjadi faktor penentu penting untuk keberhasilan dan keberlanjutan bisnis. Studi ini menemukan bahwa semua variabel independen—kualitas layanan, harga, promosi, dan kualitas rasa minuman—memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Melalui pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 100 responden yang merupakan pelanggan kafe tersebut. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa peningkatan dalam setiap aspek kualitas layanan, penetapan harga yang kompetitif, strategi promosi yang efektif, dan kualitas rasa minuman yang tinggi secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi manajemen kafe dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan loyalitas, serta berkontribusi pada literatur tentang kepuasan pelanggan di industri kafe.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arnida, Meda, T., & Sabridah. (2023). Analisis Hubungan Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Pada Konsumen Alfabiah Cookiees). Akemen Jurnal Ilmiah, 20 Nomor 2, 148–157.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII (Edisi 8). : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariono, R., & Marlina, M. A. E. (2021). PENGARUH HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA STAR MOTOR CARWASH. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 6(2), 1–10.

Hasanah, U., & Mujanah, S. (2020). July 2020, Revised : 25. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 136–146.

Hongdiyanto, C., & Liemena, K. (2021). The Mediation Effect of Customer Satisfaction in Relationship between Product Quality and Service Quality towards Customer Loyalty In Fuzee Sushi. FIRM Journal of Management Studies, 6(2), 172. https://doi.org/10.33021/firm.v6i2.1557

Laisak, A. H., Rosli, A., & Sa’adi, N. (2021). The Effect of Service Quality on Customers’ Satisfaction of Inter-District Public Bus Companies in the Central Region of Sarawak, Malaysia. International Journal of Marketing Studies, 13(2), 53. https://doi.org/10.5539/ijms.v13n2p53

Maalik, R. Z., & Sirai, G. M. (2021). Loyalitas Konsumen Pada Brand di Masa Pandemi Covid-19. Transaksi, 13(2), 1–12.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727.

Prianggoro, N. F., & Sitio, A. (2020). Effect of Service Quality and Promotion on Purchase Decisions and Their Implications on Customer Satisfaction. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 6(6), 51–62. https://doi.org/10.29121/ijetmr.v6.i6.2019.393

Wilis, R. A., & Nurwulandari, A. (2020). The effect of E-Service Quality, E-Trust, Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka’s Customer. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Akuntansi), 4(3), 1061–1099. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/609




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7141

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter