Pengaruh Live Streaming dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Pakaian Azka Collection di Palopo.

Rudianto Rudianto, Nurul Ilmi, Nadia Safira, Wawan, Maria

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk pakaian Azka Collection di Palopo. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan. Teknik pengumpulan data utama dalam penelitian ini melalui pembagian koesioner kepada konsumen Azka Collection serta melalui wawancara dan observasi. Ukuran sampel adalah 50 responden yang merupakan konsumen Azka Collection. Metode yang digunakan adalah teknik Non-Probability sampling (accidental sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas dan realibilitas, dan analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming dan electronic word of mouth secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk pakaian Azka Collection.

 

Kata Kunci: live streaming, electronic word of mouth, keputusan pembelian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainiyyah, A.N. (2023), Pengaruh Daya Tarik Dalam Live Streaming Facebook Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengikut Akun MeyRiana Raja Gukguk di Facebook). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora

Amil R. (2021) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Skincare MS GLOW) [Skripsi]. Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Chamidah N. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131-143.

Chamidah N. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131-143.

Fandy T (2015) Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy Offset

Fu J. R & Hsu C. W. (2023) Live Streaming Shopping: The Impact Of Para-Social Interaction and Local Presence On Impulse Buying Trough Shopping Value. Industrial Management & Data Systems, 123(4).

Ho C, Liu. Y, Chen M. C. (2022) Antecedents and consequences of consumers’ attitudes toward live streaming shopping: an application of the stimulus–organism–response paradigm. Cogent Business & Management 9:1.

Immanuel, Maharia M. D, Apriliyani M. (2020) Melibatkan Keputusan Pembelian Pelanggan di Saluuran Market Place: Studi Fashion Ritel Online. Jurnal Bisnis dan Manajemen Universitas Ciputra, 7(2).

Juliana H (2023) Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. Sinomika Journal, Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi& Akuntan, 1(6).

Kotler dan Keller. (2016:646-648) Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler dan Armstrong. (2018:515) Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Erlangga

Ming J, Jianqiu Z, Bilal M, Akram U. (2021) How Social Presence Influences Impulse Buying Behavior in Live Streaming Commerce? The Role Of S-O-R Theory. International Jurnal of Web Information Systems, 17(4).

Makmor N, Hafiz K. A, Anuar A, Sofian F. (2023) Impact Of Para-Social Interaction On Impulsive Buying Through Live Streaming Shopping Website. Environment and Social Psychology, 9(5).

Nawawi H & Martini M. (1994) Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajahmada University.

Rahmawati (2022). Pengaruh Dimensi Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung). Repository, UIN Raden Intan Lampung.

Rahmayanti S & Dermawan R. (2023) Pengaruh Live Streaming, Content Marketing dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop di Surabaya. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1).

Shafira, Y. P. (2022) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dreeamss Shop Kota Jambi [Skripsi]. Jambi: Universitas Batanghari Jambi.

Sugiyono (2008) Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono (2016) Pemasaran Strategik: Suatu Pendekatan Riset

Yulindasari E. R & Fikriyah K. (2022) Pengaruh e-WOM (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal Of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55-69.

Zalfa K. V, Indayani L, Supardi S (). Analisis Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (e-WOM) dan Affiliate Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Trend Fashion Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee). Jurnal Studi Manajemen dan Kewirausahaan (MSEJ), 5(1).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter