Analisis Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Sepeda Motor Di Panai Hulu
Sari
lanskap persaingan dalam bisnis jasa reparasi sepeda motor yang semakin ketat saat ini, mendorong penelitian untuk mengeksplorasi dinamika kepuasan pelanggan di bengkel sepeda motor, khususnya di wilayah Panai Hulu. Penelitian ini menyoroti pentingnya kualitas produk, harga, dan kualitas layanan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan. Melalui analisis data dari 100 responden yang pernah menggunakan jasa bengkel sepeda motor, hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen, yaitu kualitas produk, harga, dan kualitas layanan, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pemilik usaha dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi bisnis yang efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendukung pembangunan ekonomi regional.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (EFFECT OF SERVICE QUALITY, PRODUCT QUALITY AND PRICE ON CONSUMER SATISFACTION. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 01(01), 1–14.
Dodds, W. B., Monroe, K. B., & Grewal, D. (1991). Effects of price, brand, and store information on buyers’ product evaluations. Journal of Marketing Research, 28, 307–319. https://doi.org/10.2307/3172866
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM. Spss.
Jaya, U. A., & Mutiara, A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian Pt. Shopee International Indonesia Di Kota Sukabumi. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 383–392. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.231
Lina Sari Situmeang. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Noviani, L. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok ”Liar”). Jurnal Manajemen Danbisnis (Jumanis), 2(1), 2076–2086.
Pohan, M. Y. A. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication , Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. 3(2).
Rachman, D. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Rumah Makan Wajan Mas Kudus). Diponegoro Journal of Social and Political Science, 1–8.
Sadiyah, H. (2021). Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Penentu Minat Beli Konsumen. Implementasi Manajemen & Kewirausahaan, 1(2), 115–125. https://doi.org/10.38156/imka.v1i2.77
Saputra, A. N., & Bustami, T. (2023). Pengaruh Cita Rasa, Harga, Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Surya Bakery. Prosiding Seminar Nasional Business Corporate, 2(April), 80–85.
Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2013). Pengaruh Desain Produk , Kualitas Produk , Dan Harga Terhadap. Ilmu Administrasi Bisnis, (024), 1–10.
Shafitri, M., Aryani, L., & Nobelson. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, 02, 201–212.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Dilengkapi Dengan Metode R&D. Yogyakarta: Deepublish.
Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The behavioral consequences of service quality. Journal of Marketing, 60(2), 31–46.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7148
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional