Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee

Hafni Hafni, Yasni Yasni, Italiani Milanisi, Nur Asmi, Nurul Hidayanti, Rudianto Rudianto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina Di Shopee. Penelitian ini dilakukan pada pengguna produk Emina. Ukuran sampel yaitu 35 pengguna produk Emina yang berdomisilidi Kota Palopo. Metode yang digunakan adalah teknik purposive sampling.Pengumpulandatadilakukanmelaluikoesioner sebagai alatnya. Data dikumpulkan dengan menggunakanskalalikert5poinuntukmengukur2indikator.Teknikanalisisyangdigunakanadalah  analisis regresi linear berganda.(1) Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga dan review secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina di Shopee. Diketahui sig 0,000 < 0,05. (2) Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas produk secara  persial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina di Shopee .Diketahui sig 0,009 < 0,05. (3) Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa harga secara  persial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina. Diketahui sig 0,701 > 0,05. (4) Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa review secara  persial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina. Diketahui sig 0,745 > 0,05.

 

Kata Kunci:Kualitas produk, harga, review dan Keputusan pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yatim, M. L. A. R. I., Sari, J. Y., & Ningrum, I. P. (2019). Deteksi Area Wajah Manusia Pada Citra Berwarna Berbasis Segmentasi Warna YCbCr dan Operasi Morfologi Citra. Ultimatics: Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 1-5.

Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Jurnal S1 Manajemen, 114.

Febtiani, T. A. (2022). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Lip Product Emina Melalui Citra Merek (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta).

AMANULLAH GILANG RAKASIWI, R. I. C. H. A. R. D. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Raket Li-Ning (Studi Kasus Pada Ukm Olahraga Unimus) (Doctoral dissertation, UniversitasMuhammadiyahSemarang).

Hidayat, R. (2009). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan nilai nasabah terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 11(1), 59-72.

Meidasari, E., Meliana, M., & Kusumawardani, N. (2022). Pengaruh Mutu Produk, Desain Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Batik Gabovira. Inovatif: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital dan Kewirausahaan, 1(3), 253-259.

Pauji, M. (2023). Inovasi Penggabungan Produk Simpati, Kartu As, Dan Loop Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel Di Universitas Pakuan) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).

Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.

Nurlaila, N., & Nainggolan, W. N. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Pada Witel Medan. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan, 4(1), 33-43.

Harsanto, L. F., & Hidayat, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Pada UKM Martabak Mas Ipung di Perumahan Plamongan Indah Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 340-351.

Harsanto, L. F., & Hidayat, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Pada UKM Martabak Mas Ipung di Perumahan Plamongan Indah Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 340-351.

Wahyudi, T., Rinuastuti, B. H., & Sarmo, S. (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap kepercayaan konsumen remaja Kota Mataram pada pembelian produk fashion Shopee online shop. Jurnal Riset Manajemen, 19(1), 1-7.

Gusniar, A. S. (2020). Pengaruh Attractiveness, Trustworthiness, dan Expertise Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Produk Kecantikan di Youtube (Studi pada Mahasiswi di Tiga Universitas Yogyakarta). EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 3(2), 187-210.

Elmiliasari, D. F. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian fried chicken di Rocket Chicken Bandar Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(1), 66-83.

Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada kampung batik wiradesa, kabupaten pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 137-146.

Indragiri, F. Z. (2018). KONTRIBUSI CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OUVAL RESEARCH DI JALAN SULTAN AGUNG BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Harahap, D. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal keuangan dan bisnis, 7(3), 227-242.

Rumengan, A. N., Tawas, H. N., & Wenas, R. S. (2015). Analisis citra merek, kualitas produk, dan strategi harga terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Ayla cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).

Kuengo, F. A., Taan, H., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio pada Nengga mobilindo Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 54-65.

Gerson, N. R., Nagita, N., Tisya, E. G., Nurjannah, N., & Mahmut, C. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KEDAI MBA JUS DI KOTA PALOPO. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 3(3), 341-357.

Lubis, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran arias terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang di kelas X MAS Subulussalam Kotanopan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62-68.

Febriyanti, N. F., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(2), 181-191.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7155

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter