Analisa Strategi Pemasaran Produk Current Account Saving Account (CASA) Terhadap Kenaikan Dana Pihak Ketiga Pada Bank OCBC NISP Syariah Makassar
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk casa pada bank Ocbc syariah. Yang kedua adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran CASA dalam keputusan menabung nasabah di Bank OCBC NISP Syariah. Untuk mendapatkan jawaban atas permasalah yang ada, maka Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan penjelasan dan gambaran lebih mendalam tentang strategi meningkatkan pendanaan murah/CASA pada OCBC NISP Syariah Makassar, selain itu juga dengan menggali informasi dari masyarakat/nasabah terkait produk bank OCBC. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran produk CASA terhadap kenaikan DPK yang diterapkan oleh Bank OCBC Syariah meliputi strategi 7P, dimana strategi produk berfokus pada kebutuhan nasabah, transparansi, dan kemudahan akses. Dampak strategi pemasaran ini dinilai cukup efektif, dapat dilihat dengan adanya perubahan proporsi CASA terhadap DPK dari tahun 2018 hingga 2022, meningkat dari 42% menjadi 94,1% atau naik hingga 52,1%. Implikasi dari penelitian ini adalah agar bank dapat terus melakukan evaluasi secara berkala atas strategi pemasarannya agar tetap efektif di masa mendatang.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk CASA, Kenaikan Dana Pihak Ketiga.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amelia, S. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Di Paud Al-Hidayah Pertiwi. Al-Musyarakah: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1).
Bachtiar, W., Mallongi, S., & Kadir, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Prima Berhadiah Terhadap Kenaikan Dana Pihak Ketiga di Bank Muamalat Indonesia Cabang Makassar. Jurnal Iqtisaduna, 7(2), 238-248.
Budiyanto, T. (2016). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Mereferensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas Pt. Camar Sapta Ganda. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4).
Dewi, A., Najib, M., & Beik, I. S. (2018). Effect of qualities of service and funding product on brand image and loyalty of sharia bank customers in Bogor. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 4(3), 308-308.
Dewi, I. L., & Triaryati, N. (2017). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Bank terhadap Net Interest Margin di Indonesia. E-Journal Manajemen Unud, 6(6), 3051–3079.
Entaresmen, R. A., & Pertiwi, D. P. (2016). Strategi Pemasaran Terhadap penjualan produk tabungan iB Hasanah di PT. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 9(1), 53-74.
Ersani, I. A., Basalamah, J., & Ashoer, M. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Rumah Subsidi di PT Mitra Lestari Perkasa Polewali Mandar. Center of Economic Students Journal, 5(4), 420–430.
Hamdan'Ainulyaqin, M. (2021). Analisis Peranan Strategi Marketing Funding Dalam Peningkatan Jumlah Nasabah dan Dana Pihak Ketiga. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(1), 142-153.
Hasan, M. S. A., Manurung, A. H., & Usman, B. (2020). Determinants of bank profitability with size as moderating variable. Journal of applied finance and banking, 10(3), 153-166.
Hasan, M. S. A., Manurung, A. H., & Usman, B. (2020). Determinants of bank profitability with size as moderating variable. Journal of applied finance and banking, 10(3), 153-166.
Murdifin, I., Basalamah, S., Basalamah, J., & Murfat, M. Z. (2020). Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan pada Industri Rumah Tangga di Kota Makassar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 16–20.
Pristianda, A., & Dharma, Y. (2018). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Terhadap Profitabilitas (Return On Assets) Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Indonesia 2012-2016. Jurnal Ekonomika Indonesia, 7(2), 60-64.
Rosyadi, M. H., & Haryanti, P. (2023). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Dengan Akad Mudharabah Muthlaqah: Studi Kasus di KSPPS BMT NU Cabang Kesamben Jombang. Journal of Cross Knowledge, 1(2), 214-225.
Shafitri, W., Kamase, J., & Dewi, R. (2023). Analisis Perbandingan Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Melalui Online Shop dan Offline Store. Center of Economic Students Journal, 6(2), 127–140.
Sinaga, J., Kamase, J., & Arfah, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Claro Makassar. Journal of Management Science (JMS), 3(1), 80–103.
Suwanti, R., Basalamah, S., & Kamase, J. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Memiliki Tabungan Britama Pada Kantor Cabang Pembantu Bank Rakyat Indonesia Slamet Riyadi Makassar. Journal of Management Science (JMS), 2(1), 145–158.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7173
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional