Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kemudahan penggunaan Terhadap Kepuasan pengguna Quick Response Indonesian Standar (Qris)
Sari
Studi ini mempunyai tujuan untuk mengevaluasi dampak dari kualitas informasi, kualitas sistem, serta kemudahan penggunaan pada tingkat kepuasan pengguna sistem Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Jenis studi yang dipergunakan ialah studi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam proses pengambilan sampel, studi ini menerapkan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi pada studi ini ialah mahasiswa pengguna Quick Response Indonesian Standar (QRIS) berjumlah 205 Responden. Sumber data pada studi ini yakni data primer serta data sekunder. Data diperoleh dari jawaban responden melalui penggunaan kuesioner tertutup. Kuesioner ini dirancang mempergunakan format skala Likert, di mana skala interval ialah jenis yang sering dipilih dalam penyusunan kuesioner. Metode Analisa data yang dipergunakan pada studi ini mempergunakan bantuan aplikasi SPSS Statistic Version 22. Hasil menunjukan jika kualitas informasi, kualitas sistem, serta kemudahan penggunaan QRIS secara simultan memberi pengaruh tingkat kepuasan mahasiswa pengguna sistem pembayaran digital itu. Implikasi dari temuan ini ialah perlunya Bank Indonesia serta penyedia jasa pembayaran elektronik lainnya untuk terus memberi peningkatan kualitas informasi, kualitas sistem, serta kemudahan penggunaan QRIS agar semakin banyak mahasiswa yang merasa puas serta loyal mempergunakan sistem pembayaran digital ini.
Kata Kunci: Kualitas Informasi; Kualitas Sistem; Kemudahan Penggunaan; Kepuasan Pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alsyouf, A., Lutfi, A., Alsubahi, N., Alhazmi, F. N., Al-Mugheed, K., Anshasi, R. J., Alharbi, N. I., & Albugami, M. (2023). The Use of a Technology Acceptance Model (TAM) to Predict Patients’ Usage of a Personal Health Record System: The Role of Security, Privacy, and Usability. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(2). https://doi.org/10.3390/ijerph20021347
Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001
Armeliadinda, & Azis, E. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pajak (Studi Kasus pada aplikasi SAMBARA di Jawa Barat) The Effect of Information Quality, System Quality, Service Quality Towards User Satisfaction of Tax. E-Proceeding of Management, 7(2), 2406–2413.
Chumaidi, E. (2022). Model Pembiayaan Dan Pembayaran Sistem Cashless Di Uin Kh. Abdurrahman Wahid. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.55681/armada.v1i1.237
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.
Dessyana, D., & Yolanda, Y. (2022). … Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Enterprise Resource Planning-System Application And Product In Data Processing (ERP-SAP) Pada PT …. JIMAT (Jurnal Ilm. Mhs, 259–270.
Fajar Maritha, R., & Kuswati, R. (2022). E-WOM and Adoption E-Wallet: The Role of Trust as a Mediating Variable.
Ilman, A. H., Noviskandariani, G., & Nurjihadi, M. (2019). Peran Teknologi Finansial Bagi Perekonomian Negara Berkembang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37673/jebi.v4i1.260
Kasmawati, Y., & Kuncoro, A. W. (2021). Peningkatan Kepuasan Mahasiswa dalam Pembelajaran E-Learning melalui Task Technologi Fit dan Kualitas Informasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 355. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39977
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Kusuma, L., Deniswara, K., & Gui, A. (2023). Customer Experience Perspective on Quick Response Code Indonesia Standard PaymentMethod. In 2023 International Conference on Information Managementand Technology (ICIMTech).
Latuheru, T., & Foenay, C. C. (2021). Analysis of the Impact of E-Payment on Culinary Business Development in Kupang City. Proceedings of the 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021), 197(Teams), 640–646. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211124.092
Lest, Ari, N. A., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Mataharimall.Com. Jurnal Ilmu Manajemen, 6, 1–8.
Masri, N. W., You, J. J., Ruangkanjanases, A., Chen, S. C., & Pan, C. I. (2020). Assessing the effects of information system quality and relationship quality on continuance intention in e-tourism. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(1). https://doi.org/10.3390/ijerph17010174
Meyrilliana, P., & Samsir, & A. K. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan kepercayaan terhadap kepuasan dan niat menggunakan kembali aplikasi ovo pada mahasiswa pascasarjana universitas riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, XII(1), 151–170.
Nugraha, D., Putra, G., & Raharjo, S. T. (2021). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Loyalitas Pengguna Dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Aplikasi Grab di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(6), 1–15.
Nur Asida, A. Y., & Kuswati, R. (2023). E-wallet Adoption in The Covid-19 Period: The Roles Of Perceived Benefits As Mediating Variabel. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 4(1), 23–34. https://doi.org/10.33476/jobs.v4i1.3604
Omarini, A. E. (2018). Fintech and the future of the payment landscape: The mobile wallet ecosystem - A challenge for retail banks? International Journal of Financial Research, 9(4), 97–116. https://doi.org/10.5430/ijfr.v9n4p97
Petter, S., DeLone, W., & McLean, E. (2008). Measuring information systems success: Models, dimensions, measures, and interrelationships. European Journal of Information Systems, 17(3), 236–263. https://doi.org/10.1057/ejis.2008.15
Pibriana, D. (2020). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Pengguna Terhadap Penggunaan Aplikasi Belanja Online XYZ. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 7(3), 580–592. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i3.382
Prayanthi, I., Lompoliu, E., & Langkedeng, R. D. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Klabat Accounting Review, 1(2), 1. https://doi.org/10.60090/kar.v1i2.475.1-11
Rachmacandrani, N., Natsir, M., Respati, H., Haryanto, S., & Setiyadi, S. (2023). The Effect of Information Quality, System Quality, Ease of Use on User Satisfaction’s Qris (Quick Response Indonesian Standard) in SME’S. Journal of Economics and Public Health, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37287/jeph.v2i1.1572
Rahmawati, A., Padmantyo, S., Setyawan, A. A., Yani, J. A., Pos, T., & Sukoharjo, P. K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Digital, Kepercayaan Pada Produk Terhadap Kepuasan Pelaggan Produk Skincare Lokal.
Roslina, W., Fahmy, S., & Haslinda, N. (2022). Evaluating the Success of Information Systems based on System Quality, Information Quality and User Satisfaction. International Journal of Integrated Engineering, 14(3), 175–183. https://doi.org/10.30880/ijie.2022.14.03.019
Salam, M., & Farooq, M. S. (2020). Does sociability quality of web-based collaborative learning information system influence students’ satisfaction and system usage? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00189-z
Wilson, N., Keni, K., Henriette, P., & Tan, P. (2023). The Role of Perceived Usefulness and Perceived Ease-of-Use Toward Satisfaction and Trust which Influence Computer Consumers’ Loyalty in China. Gadjah Mada International Journal of Business, 23(3), 262–294.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7182
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional